Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Kemampuan Representasi Verbal Matematis Grafis dan Grafik Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMA
Abstract
Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan alam (IPA) yang dipelajari
didasarkan pada hasil pengamatan terhadap gejala-gejala alam. Dalam
pembelajaran fisika siswa harus terlibat secara aktif sehingga siswa mampu
menguasai konsep-konsep fisika yang diharap dapat mencapai hasil belajar yang
maksimal. Sampai saat ini, permasalahan yang terjadi pada pembelajaran fisika di
sekolah adalah siswa hanya diajarkan cara menyelesaikan soal-soal secara verbal
dan matematik saja tanpa menggunakan representasi lainnya seperti gambar dan
grafik. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan model
pembelajaran yang tepat, salah satu model pembelajaran yang diperlukan siswa
dalam permasalahn tersebut adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Model inkuiri terbimbing memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengembangkan keahliannya serta dapat meningkatkan pemahaman siswa
tentang fisika tidak hanya pada penyelesaian secara verbal dan matematis saja
melainkan juga secara gambar dan grafik.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran
inkuiri terbimbing terhadap kemampuan representasi verbal siswa, mengkaji
pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan
representasi matematik siswa, mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri
terbimbing terhadap kemampuan representasi gambar siswa, dan mengkaji
pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan
representasi grafik siswa.