Show simple item record

dc.contributor.authorSa’diyah, Khamilatus
dc.date.accessioned2013-09-23T04:09:42Z
dc.date.available2013-09-23T04:09:42Z
dc.date.issued2013-09-23
dc.identifier.nimNIM070210103111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1152
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Assessment portofolio dan model Numbered Head Together (NHT) terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar IPA biologi siswa. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain eksperimental semu pretest-posttest tak ekuivalen (Pretestposttest Non Equivalent Control Group) pada kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran keterampilan metakognisi, tes hasil belajar kognitif IPA biologi siswa, observasi mengajar, dokumentasi, pengumpulan tugas, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogorov- Smirnov, uji homogenitas dengan analisis varian (ANAVA), dan analisis kovarian (ANAKOVA) terhadap data hasil penelitian. Analisis tehadap keterampilan metakognisi siswa terdiri atas pengetahuan tentang kesadaran (knowledge of cognition) dan pengaturan tentang kesadaran (regulation of cognition). Analisis terhadap data nilai pengetahuan tentang kesadaran diperoleh besarnya signifikansi 0,000 (< 0,05). Dengan demikian H0 ditolak, jadi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Analisis terhadap nilai pengaturan tentang kesadaran menunjukkan pengaruh yang diberikan oleh kelas eksperimen (perpaduan antara model NHT dengan penilaian portofolio), berbeda dengan pengaruh yang diberikan oleh kelas kontrol dengan besarnya nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) sehingga H0 ditolak. Hasil kedua analisis tersebut menunjukkan bahwa penggunaan assessment portofolio dan model NHT memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan nilai pengetahuan tentang kesadaran dan pengaturan tentang kesadaran siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap nilai pretest dan posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Penolakan H0 menunjukkan bahwa perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Hasil ini menunjukkan bahwa assessment portofolio dan model NHT memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar kognitif IPA biologi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210103111;
dc.subjectAssessment Portofolio, Model Numbered Head Together (NHT), Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Jemberen_US
dc.titlePengaruh Assessment Portofolio dan Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record