Pengaruh Assessment Portofolio dan Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Assessment portofolio
dan model Numbered Head Together (NHT) terhadap keterampilan metakognisi dan
hasil belajar IPA biologi siswa. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan
menggunakan desain eksperimental semu pretest-posttest tak ekuivalen (Pretestposttest
Non Equivalent Control Group) pada kelas VII SMP Negeri 7 Jember.
Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran keterampilan metakognisi,
tes hasil belajar kognitif IPA biologi siswa, observasi mengajar, dokumentasi,
pengumpulan tugas, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah
diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogorov-
Smirnov, uji homogenitas dengan analisis varian (ANAVA), dan analisis kovarian
(ANAKOVA) terhadap data hasil penelitian.
Analisis tehadap keterampilan metakognisi siswa terdiri atas pengetahuan
tentang kesadaran (knowledge of cognition) dan pengaturan tentang kesadaran
(regulation of cognition). Analisis terhadap data nilai pengetahuan tentang kesadaran
diperoleh besarnya signifikansi 0,000 (< 0,05). Dengan demikian H0 ditolak, jadi
perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang
berbeda. Analisis terhadap nilai pengaturan tentang kesadaran menunjukkan pengaruh
yang diberikan oleh kelas eksperimen (perpaduan antara model NHT dengan
penilaian portofolio), berbeda dengan pengaruh yang diberikan oleh kelas kontrol
dengan besarnya nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) sehingga H0 ditolak. Hasil kedua
analisis tersebut menunjukkan bahwa penggunaan assessment portofolio dan model
NHT memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan nilai pengetahuan tentang
kesadaran dan pengaturan tentang kesadaran siswa. Berdasarkan hasil analisis data
terhadap nilai pretest dan posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya nilai
signifikansi 0,000 (<0,05). Penolakan H0 menunjukkan bahwa perlakuan pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Hasil ini
menunjukkan bahwa assessment portofolio dan model NHT memberikan pengaruh
yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar kognitif IPA biologi siswa kelas
VII SMP Negeri 7 Jember.