Pengenalan Permainan Tradisional Melalui Literasi Budaya di Kampung Lali Gadget Kabupaten Sidoarjo
Abstract
Zaman sekarang telah terjadi banyak perubahan, baik sosial maupun budaya. Hal ini
karena dengan seiring berjalannya waktu, masuknya budaya asing menimbulkan krisis budaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan permainan tradisional melalui literasi
budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah founder, warga, dan volunteer di Kampung Lali Gadget yang ditentukan dengan teknik
purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan observasi. Data-data yang
telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelaksanaan program pendidikan budaya di Kampung Lali Gadget berjalan
dengan baik dalam beberapa tahapan yaitu penguatan pelaku, perluasan akses terhadap sumber
belajar bermutu, dan perluasan dan penguatan publik. Sementara itu, permainan tradisional
yang dikenalkan terdiri dari permainan konstruktif, permainan fungsi, dan permainan reseptif.
Literasi budaya dapat membantu untuk mengenalkan permainan tradisional pada generasi
muda.