Analisis Kesesuaian antara Buku Siswa Kelas IV Tema III Peduli terhadap Makhluk Hidup
Abstract
Buku siswa merupakan sumber belajar yang dijadikan pedoman bagi
siswa yang digunakan selama proses pembelajaran. Buku siswa disusun untuk
mendukung tercapainya tujuan Kurikulum, dengan mengembangkan
kompetensi siswa dalam ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara
menyuluruh. Pada saat KK-PLP peneliti menemukan ketidaksesuaian pada
buku guru dengan buku siswa terdapat pada Subtema 1 Pembelajaran 5 dalam
tema “Selalu Berhemat Energi”. Kegiatan yang tertulis di Buku Guru halaman
33 yaitu siswa membaca teks Minyak Bumi dengan teliti. Ada dua teks yang
seharusnya dibaca siswa seperti yang ada di dalam Buku Guru, namun di dalam
Buku Siswa hanya terdapat satu teks yaitu di halaman 25. Berdasarkan hal
tersebut diperlukan adanya analisis yang mendalam untuk mengkaji
kekurangan dan kelebihan buku siswa kelas IV SD dengan tema peduli
terhadap makhluk hidup Kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Salah satu jenis
penelitian yang menggunakan penelitian deskriptif ialah analisis isi (content
analysis) atau kajian isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku tematik
siswa kelas IV SD Kurikulum 2013 dengan tema peduli terhadap makhluk
hidup terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Instrumen yang digunakan berupa pedoman analisis kesesuaian kompetensi
dasar dengan materi atau kegiatan pembelajaran, kesesuaian pendekatan
saintifik, kesesuaian materi atau kegiatan dengan sikap, keterampilan, dan
pengetahuan, kesesuaian media gambar, serta kedalaman materi.
Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut: pertama, kesesuaian
kompetensi dasar dengan materi atau kegiatan pembelajaran, dari 54 materi
atau kegiatan pembelajaran yang sesuai berjumlah 46 dengan skor 85,18% dan materi atau kegiatan pembelajaran yang tidak sesuai berjumlah 8 dengan skor
14,81%. Kedua, kesesuaian pendekatan saintifik dari 18 pembelajaran hanya
terdapat 2 pembelajaran yang tidak sepenuhnya terdapat komponen
pendekatan saintifik dengan skor 88,89%. Ketiga, kesesuaian materi atau
kegiatan dengan sikap, keterampilan, dan pengetahuan dengan rincian (1)
terdapat 114 kegiatan yang sesuai dengan kompetensi keterampilan atau
berjumlah 37,62%, (2) terdapat 87 kegiatan yang sesuai dengan kompetensi
pengetahuan atau berjumlah 28,71%, (3) terdapat 102 kegiatan yang sesuai
dengan kompetensi sikap atau berjumlah 33,66%. Keempat, kesesuaian media
gambar, dari 74 gambar terdapat 69 media gambar yang sesuai atau berjumlah
93,05% dan terdapat 5 media gambar yang tidak sesuai dengan skor 6,94%.
Kelima, kedalaman materi 324 indikator hanya terdapat 166 indikator yang
sesuai dengan skor 51,24%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesesuaian KD
dengan materi tergolong valid, kesesuaian pendekatan saintifik tergolong
valid, kesesuaian materi atau kegiatan dengan sikap, keterampilan, dan
pengetahuan tergolong sangat valid, kesesuaian media gambar juga tergolong
sangat valid, kedalaman materi tergolong cukup valid. Dari hasil kesimpulan
diajukan saran sebagai berikut: pertama, bagi guru harus memperhatikan
secara detail isi buku yang akan digunakan, guru harus menelaah terlebih
dahulu untuk mengetahui apakah buku yang akan dipilih sudah layak
digunakan atau masih ada kekurangan, karena berdasarkan hasil analisis yang
telah dilakukan masih terdapat ketidaksesuaian. Kedua, bagi penulis buku
untuk lebih teliti dan memperhatikan beberapa hal yang berkaitan demi
kesempurnaan buku.