dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja PT. BPR
Nusamba Genteng berdasarkan kerangka Balanced Scorecard yaitu perspektif
finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian berdasarkan atas data laporan keuangan
dan data-data pendukung lainnya selama tahun 2004 sampai dengan tahun 2005.
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data secara survei dan
dokumentasi untuk kemudian ditabulasikan sesuai dengan perspektif yang akan
diteliti. Data yang dikumpulkan merupakan data primer yang bersumber dari survei
terhadap nasabah PT. BPR Nusamba Genteng dan data sekunder yang berasal dari
laporan keuangan PT. BPR Nusamba Genteng. Alat analisis yang digunakan adalah
penilaian/scoring sesuai dengan kerangka Balanced Scorecard dengan bobot
perspektif finansial 60%, perspektif pelanggan/nasabah 10%, perspektif proses bisnis
intenal 10% serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan 20%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa total skor yang diperoleh PT. BPR
Nusamba Genteng sebesar 73,9% yang tergolong dalam kategori cukup baik. Secara
cross section, perspektif finansial memperoleh total skor 39%, perspektif pelanggan /
nasabah 7%, perspektif proses bisnis internal 9,4% serta perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan 18,5%.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa dengan
total skor 73,9% (kategori cukup baik) PT. BPR Nusamba Genteng mampu
melaksanakan fungsi dan perannya sebagai intermediator dan sebagai mitra usaha
masyarakat desa. Secara internal, proses operasional maupun aspek pendukung PT.
BPR Nusamba Genteng cukup efisien sehingga penerapan Balanced Scorecard dapat
diaplikasikan. | en_US |