Profil Truth Seeking Siswa Kelas Viii Mtsn 1 Jember Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Abstract
Truth-seeking merupakan salah satu diposisi berpikir kritis yang paling penting dan harus dikuasi oleh seseorang. Maka dari itu dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mendeskripsikan profil truth-seeking siswa kelas VIII MTsN 1 Jember dalam menyelesaikan soal numerasi pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa kelas VIII bimbingan prestasi matematika yang berhasil menyelesaikan soal untuk dianalisis menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, sedangan instrumen pendukung pada penelitian ini adalah 2 butir soal numerasi, lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa membaca soal secara berulang untuk melakukan proses pemeriksaan seluruh informasi-informasi pada soal, siswa menuliskan informasi yang penting secara detail maupun tidak pada lembar jawaban salah satunya dengan menuliskan diketahui dan ditanya, siswa pada indikator ini menganalisis setiap informasi yang didapat untuk menemukan informasi paling benar sesuai dengan permasalahan yang ada dan menemukan narasi yang akan digunakan dan nantinya diubah pada bentuk kalimat matematika. Siswa menuliskan beberapa persamaan dengan kalimat matematika yang akan digunakan untuk menyelesaikan, siswa menggunakan beberapa informasi yang sudah siswa tuliskan pada lembar jawaban untuk menyelesaikan soal. siswa memeriksa kembali seluruh tahapan dengan memeriksa kembali setiap tahapan yang dilakukan dan mengkoreksi perhitungan yang sudah mereka lakukan untuk memastikan apakah perhitungan yang sudah mereka lakukan benar.