• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Science Technology Society (Sts) pada Pokok Bahasan Pemanasan Global terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI FIX WARDAH NUR JANNAH 190210102002.pdf (3.449Mb)
    Date
    2023-02-13
    Author
    JANNAH, Wardah Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran merupakan implikasi dari pendidikan formal pada abad 21. Pembelajaran abad 21 bertujuan untuk membangun keterampilan intelektual siswa dalam belajar dan memungkinkan untuk memecahkan masalah di sekitar, membentuk kecerdasan tidak hanya melalui pengetahuan di dunia nyata, tetapi juga melalui pembelajaran yang bermakna, cara yang benar dan metode kontekstual. Pada pembelajaran abad 21 harus dirancang sesuai dengan keterampilan 4C antara lain, Critical thinking skill (Keterampilan berpikir kritis), Creative and innovative thinking skill (Keterampilan berpikir kreatif dan inovatif), Communication skill (Keterampilan komunikasi), dan Collaboration skill (Keterampilan berkolaborasi). Teknologi berperan sebagai motor penggerak dalam penyampaian pengajaran. Pada bidang pendidikan, teknologi merupakan jembatan untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran sains adalah pendekatan yang mengaitkan antara konsep-konsep ilmiah dengan penerapannya di masyarakat dan pengembangan nilai-nilai yang berbeda di dalamnya. Pendekatan sains teknologi dan masyarakat diterjemahkan dari bahasa inggris yaitu “Science Technology Society” (STS). Sains teknologi dan masyarakat menggabungkan sains sebagai konsep dan teknologi dalam penerapannya dan mengembangkannya menjadi nilai sosial. Science Technology Society mengajarkan peserta didik tidak hanya keterampilan kognitif, tetapi juga keterampilan sosial, sehingga peserta didik menjadi lebih peka terhadap masalah yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran science technology society (STS) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menggunakan model pembelajaran science technology socoiety (STS). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Bondowoso, Kecamatan Kademangan , Kabupaten Bondowoso tahun ajaran 2023/2024. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan uji homogenitas untuk mengatahui variasi siswa kelas X melalui nilai rapor kenaikan kelas X pelajaran fisika. Pengumpulan data berupa tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Data hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dikaji pengaruhnya menggunakan uji-t dan dianalisis kemampuan berpikir kritis menggunakan indikator interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation, dan self regulation. Hasil belajar siswa yang diperoleh menunjukkan adanya selisih antara nilai rata-rata pretest dan posttest. Hasil pretest memperoleh nilai rata-rata sebesar 67 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 79. Adanya selisih dari hasil belajar tersebut mendapatkan nilai T-test sebesar 0.003 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran science technology society (STS) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Hasil penelitian selanjutnya yaitu hasil kemampuan berpikir kritis pada pelaksanaan pretest dari 6 indikator kemampuan berpikir kritis semua termasuk dalam kategori sedang, dan setelah diterapkan model pembelajaran science technology society (STS) skor kemampuan berpikir kritis tiap indikator masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran science technology society (STS) terhadap hasil belajar siswa. Selain itu hasil dari kemampuan berpikir kritis siswa juga meningkat.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115089
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository