Model Pembelajaran Learning Cycle 7E disertai PhET Simulation untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Fisika Siswa SMA pada Materi Momentum dan Impuls
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan peningkatan hasil belajar fisika siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E disertai PhET Simulation pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian yang digunakan true experiment dengan pretest-posttest control group design. Penentuan sampel melalui uji homogenitas one way Anova dengan hasil data bersifat homogen kemudian dilakukan teknik cluster random sampling (pengundian) dan diperoleh X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data hasil belajar menggunakan uji N-gain dan uji independent sample t-test. Hasil analisa data menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari pada 0,05, hal ini menunjukkan ada perbedaan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan mean N-gain kelas eksperimen sebesar 66,58% dan kelas kontrol sebesar 31,18%. Hasil analisa data aktivitas belajar sesuai hasil observasi menunjukkan presentase aktivitas belajar pada pra-pertemuan sebesar 65,98%, pertemuan ke-1 sebesar 75,23%, dan pertemuan ke-2 sebesar 84,14%. Hal ini menunjukkan bahwa model Learning Cycle 7E disertai PhET Simulation dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar fisika siswa materi momentum impuls.