• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran Learning Cycle 7E disertai PhET Simulation untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Fisika Siswa SMA pada Materi Momentum dan Impuls

    Thumbnail
    View/Open
    AZIZAH VINDA SARI_180210102033.pdf (4.977Mb)
    Date
    2023-01-24
    Author
    SARI, Azizah Vinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan peningkatan hasil belajar fisika siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E disertai PhET Simulation pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian yang digunakan true experiment dengan pretest-posttest control group design. Penentuan sampel melalui uji homogenitas one way Anova dengan hasil data bersifat homogen kemudian dilakukan teknik cluster random sampling (pengundian) dan diperoleh X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data hasil belajar menggunakan uji N-gain dan uji independent sample t-test. Hasil analisa data menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari pada 0,05, hal ini menunjukkan ada perbedaan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan mean N-gain kelas eksperimen sebesar 66,58% dan kelas kontrol sebesar 31,18%. Hasil analisa data aktivitas belajar sesuai hasil observasi menunjukkan presentase aktivitas belajar pada pra-pertemuan sebesar 65,98%, pertemuan ke-1 sebesar 75,23%, dan pertemuan ke-2 sebesar 84,14%. Hal ini menunjukkan bahwa model Learning Cycle 7E disertai PhET Simulation dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar fisika siswa materi momentum impuls.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115085
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository