Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Higher Order Thinking Skills dan Aktivitas Belajar Siswa SMP
Abstract
Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa dalam menghadapi tuntutan abad 21. Namun demikian HOTS siswa Indonesia pada saat ini cenderung rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL dengan pendekatan STEM terhadap Hots dan aktivitas belajar siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 108 siswa kelas VII SMPN 2 Ajung dengan desain kelompok kontrol non-equivalent. Data HOTs didapat dengan memberikan pretest dan posttest dengan 10 soal pilihan ganda. Penerapan model PBL dengan pendekatan STEM cukup efektif pada kelas eksperimen dengan perolehan rata-rata posttest 85. Hal ini diperkuat dengan uji paired sample sebesar 0.001 0.05 yang dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan pendekatan STEM berpengaruh signifikan terhadap HOTS dan aktivitas belajar. Temuan ini adalah alternatif inovasi model integratif antara PBL dan STEM berdasarkan tingkat keterampilan siswa.