Pengembangan E-modul Adaptif Berbasis Canva pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Sma dengan Model Assure
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi ahli dan tingkat keefektifan pembelajaran sejarah menggunakan modul elektronik adaptif berbasis Canva dengan penerapan model ASSURE berkolaborasi dengan teknologi pembelajaran. Penelitian ini tergolong penelitian dan pengembangan, dimana dilakukan pre-test dan post-test kepada 36 siswa kelas X untuk mengetahui tingkat keefektifan produk yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi statistik berpasangan, korelasi berpasangan, uji t sampel berpasangan dan uji normalitas. Berdasarkan uji t pada uji kelompok kecil diketahui nilai uji t sebesar 25,31 (df = 8) dan nilai uji t pada kelompok besar sebesar 58,14 (df = 35) dengan nilai signifikansi 0,00. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai ambang batas tingkat kepercayaan 5% (0,00 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test pada tes kelompok kecil dan besar. Berdasarkan hasil pembelajaran dengan menggunakan e-modul adaptif berbasis Canva dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar kelompok kecil dengan nilai keefektifan 0,98 dengan kualifikasi keefektifan tinggi dan hasil uji coba kelompok besar dengan nilai keefektifan 0,97 dengan kualifikasi keefektifan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan e-modul adaptif berbasis Canva sebagai sumber belajar.