Persepsi Mahasiswa terhadap Program Bantuan Kuota Internet Kemendikbud (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Mahasiswa Program Administrasi Negara Universitas Jember)
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan dan menjelaskan persepsi Mahasiswa Administrasi Negara tentang Program Bantuan Kuota Internet Kemendikbud. Tujuan adanya program ini adalah untuk meringankan beban pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi Mahasiswa Administrasi Negara tentang Program Bantuan Kuota Internet Kemendikbud di Universitas Jember. Konsep persepsi yang digunakan milik Bimo Walgito. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan metode analisis data Ridwan, sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Temuan hasil dan analisis data yang telah terkumpul dapat disimpulkan bahwa persepsi Program Bantuan Kuota Internet Kemendikbud berada pada kategori Sedang/Baik pada dimensi Penerimaan, Pemahaman, dan Penilaian.
Kata Kunci : persepsi, program, covid-19