Pengaruh Religiusitas dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Infaq Online Menggunakan QRIS pada Aplikasi BSI Mobile
Abstract
Infaq adalah mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki untuk diberikan
kepada orang lain dengan mengharap memperoleh ridha Allah SWT. Dewasa ini,
masyarakat dapat melakukan pembayaran infaq secara non-tunai karena adanya
inovasi dalam sistem pembayaran digital dengan hadirnya QRIS (Quick Response
Code Indonesian Standard). Salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran
(PJSP) penyedia QRIS adalah Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan nama produk
BSI Mobile, dimana pada tahun 2022 BSI berhasil menoreh prestasi urutan kelima
bank terbaik di Indonesia mengalahkan bank syariah sejenis yang telah lebih dulu
ada seperti BCA Syariah dengan salah satu aspek penilaiannya yaitu layanan
digital. Hadirnya QRIS diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi
penggunanya, salah satunya dalam berinfaq. Sebagai langkah awal untuk
mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi minat individu dalam minat infaq
online maka penelitian ini mencoba mengidentifikasi dengan memilih variabel
religiusitas dan kemudahan penggunaan dalam mempengaruhi minat nasabah BSI
KC Jember dalam menyalurkan infaq online.
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh dari religiusitas dan kemudahan penggunaan terhadap minat nasabah BSI
KC Jember dalam menyalurkan infaq online menggunakan QRIS BSI Mobile.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berbasis eksplanasi (explanatory
research) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam
penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Jember pengguna
aplikasi BSI Mobile, dimana penentuan sampel menggunakan teknik
nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling dengan jumlah sampel
yang diperlukan sebanyak 150 responden. Jenis data yang digunakan adalah data
kuantitatif, dengan sumber data yang berasal dari data primer dan data sekunder.
Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Religiusitas secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap Minat Infaq Online yang dibuktikan dengan nilai
signifikansi 0,008 < 0,05, kemudian untuk variabel Kemudahan Penggunaan secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Infaq Online dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05.