Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Pencapaian Status Akreditasi di TK Al Hidayah 69 Pontang Ambulu
Abstract
Kepala sekolah sebagai pemimpin di lingkungan pendidikan memiliki wewenang mengajar bekerja sama kepada semua pihak, orang tua siswa, masyarakat maupun instansi-instansi yang berkaitan dengan sekolah untuk bekerjasama dalam peningkatan akreditasi sekolah sebagai peningkatan mutu pendidikan kepala sekolah bertugas untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi belajar sebagai pengembangan diri membangun diri untuk semua warga sekolah untuk disiplin dan saling memotivasi agar adanya usaha yang sedang dilakukan untuk meningkatkan sarana dan prasarana sebagai pendukung dalam kegiatan belajar. Penelitian ini ingin mendeskripsikan bagaimana peran yang dilakukan kepala sekolah pada pencapaian status akreditasi di TK Al Hidayah 69 Pontang Ambulu. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran sebagai motivator, supervisor dan inovator. Peran tersebut sangat menunjang keberhasilan dari pencapaian status akreditasi di TK Al Hidayah 69, karena kepala sekolah berperan sebagai motivator yang artinya kepala sekolah selalu memberikan semangat, tauladan yang baik, kata-kata pujian dan memberikan sedikit apresiasi (reward) untuk penyemangat guru. Kepala sekolah berperan sebagai supervisor yang artinya kepala sekolah selalu mendampingi, membimbing dan memberi penilaian dalam kinerja guru guna mencapai kegiatan belajar mengajar yang baik dan efisien. Kepala sekolah sebagai inovator yang berarti kepala sekolah memberikan gagasan-gagasan baru, innovasi kegiatan baru yang sesuai dan guna menunjang kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dan benar.
.