Show simple item record

dc.contributor.authorYANUAR PUSPITO DWI ROSANTO
dc.date.accessioned2013-12-20T08:40:22Z
dc.date.available2013-12-20T08:40:22Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM020810301253
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11479
dc.description.abstractPendidikan tinggi merupakan lembaga yang membekali peserta didiknya dengan penekanan pada nalar dan pemahaman pengetahuan berdasarkan keterkaitan antara teori dengan pengaplisiannya dalam dunia praktek. Dalam proses pembelajaran tersebut mahasiswa tidak hanya membutuhkan pengetahuan di bidang akademik saja untuk mempengaruhi keberhasilan seseorang mahasiswa dalam bekerja, tetapi ada faktor lain yang mempunyai peran yang tidak kalah penting, faktor ini sering dikenal dengan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh faktor – faktor pendidikan tinggi akuntansi terhadap kecerdasan emosional mahasiswa. Faktor – faktor tersebut terdiri dari lama waktu mengikuti proses belajar mengajar, pengamalaman mengikuti proses belajar mengajar, status pendidikan tinggi, dan gender. Populasi yang digunakan yaitu mahasiswa S-1 Akuntansi tingkat akhir dan tingkat awal pada PTN dan PTS di Jember serta karyawan toko yang belum pernah menempuh pendidikan tinggi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratisfied Random Sampling secara proporsional agar hasilnya dapat digeneralisasi. Pengujian hipotesa menggunakan uji Mann – Whitney dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pandangan antara dua kelompok sampel yang independen. Hasil uji beda menunjukkan bahwa ada perbedaan kecerdasan emosional antara mahasiswa S-1 akuntansi tingkat akhir dengan mahasiswa S-1 Akuntansi tingkat awal, antara mahasiswa S-1 Akuntansi tingkat akhir dengan karyawan, antara mahasiswa S-1 jurusan akuntansi pada PTN dengan mahasiswa S-1 jurusan akuntansi pada PTS, tapi tidak ada perbedaan kecerdasan emosional antara mahasiswa S-1 jurusan akuntansi laki-laki dengan mahasiswa S-1 jurusan akuntansi perempuan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020810301253;
dc.subjectKecerdasan emosional, lama waktu mengikuti proses belajar mengajar, pengamalaman mengikuti proses belajar mengajar, status pendidikan tinggi, dan genderen_US
dc.titlePENGARUH FAKTOR – FAKTOR PENDIDIKAN TINGGI AKUNTANSI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL (Studi Empiris Pada Mahasiswa S-1 Akuntansi PTN dan PTS di Jember serta Non Mahasiswa)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record