• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH FAKTOR – FAKTOR PENDIDIKAN TINGGI AKUNTANSI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL (Studi Empiris Pada Mahasiswa S-1 Akuntansi PTN dan PTS di Jember serta Non Mahasiswa)

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    5_01.pdf (28.13Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    YANUAR PUSPITO DWI ROSANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan tinggi merupakan lembaga yang membekali peserta didiknya dengan penekanan pada nalar dan pemahaman pengetahuan berdasarkan keterkaitan antara teori dengan pengaplisiannya dalam dunia praktek. Dalam proses pembelajaran tersebut mahasiswa tidak hanya membutuhkan pengetahuan di bidang akademik saja untuk mempengaruhi keberhasilan seseorang mahasiswa dalam bekerja, tetapi ada faktor lain yang mempunyai peran yang tidak kalah penting, faktor ini sering dikenal dengan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh faktor – faktor pendidikan tinggi akuntansi terhadap kecerdasan emosional mahasiswa. Faktor – faktor tersebut terdiri dari lama waktu mengikuti proses belajar mengajar, pengamalaman mengikuti proses belajar mengajar, status pendidikan tinggi, dan gender. Populasi yang digunakan yaitu mahasiswa S-1 Akuntansi tingkat akhir dan tingkat awal pada PTN dan PTS di Jember serta karyawan toko yang belum pernah menempuh pendidikan tinggi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratisfied Random Sampling secara proporsional agar hasilnya dapat digeneralisasi. Pengujian hipotesa menggunakan uji Mann – Whitney dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pandangan antara dua kelompok sampel yang independen. Hasil uji beda menunjukkan bahwa ada perbedaan kecerdasan emosional antara mahasiswa S-1 akuntansi tingkat akhir dengan mahasiswa S-1 Akuntansi tingkat awal, antara mahasiswa S-1 Akuntansi tingkat akhir dengan karyawan, antara mahasiswa S-1 jurusan akuntansi pada PTN dengan mahasiswa S-1 jurusan akuntansi pada PTS, tapi tidak ada perbedaan kecerdasan emosional antara mahasiswa S-1 jurusan akuntansi laki-laki dengan mahasiswa S-1 jurusan akuntansi perempuan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11479
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12419]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail