Pengembangan Perangkat Pembelajaran Barisan dan Deret Menggunakan Metode Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis penting dimiliki siswa, tetapi kemampuan tersebut masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah metode mengajar guru masih didominasi dengan ceramah di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan metode outdoor learning pada materi barisan dan deret. Lembar validasi, lembar observasi, angket respon siswa dan tes hasil belajar merupakan data yang dikumpulkan untuk dianalisis. Hasil kevalidan RPP, LKS, serta THB masing-masing mencapai nilai 4,6; 4,7; dan 4,6 dari nilai maksimal 5, yang berarti valid. Hasil analisis kepraktisan perangkat tersebut mencapai 92%, yang berarti praktis. Dari hasil uji coba, ada 80% siswa masuk kategori aktif, dan respon positif siswa mencapai 84%. Ketuntasan minimal dari tes hasil belajar diperoleh 85,29% siswa kelas eksperimen tuntas, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 52,94%. Dari hasil t-test terbukti bahwa pembelajaran pada materi barisan dan deret dengan perangkat pembelajaran yang menggunakan metode outdoor learning memiliki pengaruh signifikan pada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.