Peran Program Pendidikan Nonformal dalam Pemenuhan Hak Hak Anak Jalanan oleh Dinas Sosial Kabupaten Nganjuk
Abstract
Fenomena anak jalanan merupakan masalah yang meresahkan masyarakat sejak dahulu sehingga harus segera ditangani dengan serius apalagi anak jalanan sama dengan anak pada umumnya yang juga memiliki hak-hak yang wajib di penuhi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran program pendidikan nonformal dalam pemenuhan hak-hak anak jalanan oleh dinas sosial Kabupaten Nganjuk. Lokasi penelitian berada di rumah singgah binaan dinas sosial Kabupaten Nganjuk, di pilih menggunakan teknik purposive area. Teknik penentuan informan adalah snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peran program pendidikan nonformal dalam pemenuhan hak-hak anak jalanan yakni : program penyuluhan sebagai pemenuhan hak perlindungan anak dari bahaya hidup dijalanan; program lifeskillI sebagai pemenuhan hak kelangsungan hidup anak jalanan agar memiliki keterampilan hidup sebagai bekal masa depannya; dan kesetaraan sebagai pemenuhan hak tumbuh kembang anak jalanan sehingga dapat tetap mengenyam pendidikan yang layak.