Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responbility terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan & Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan mengalisis pengaruh profitabilitas
yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) dan corporate social
responbility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur
subsektor makanan & minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
periode 2015-2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang
menggunakan data sekunder laporan tahunan dari perusahaan yang sudah
melakukan pengungkapan corporate social responbility (CSR) di Bursa Efek
Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling dengan mengumpulkan laporan tahunan sesuai dengan
kriteria sampel penelitian. Total sampel penelitian yang sesuai dengan kriteria
yaitu 9 perusahaan. Penelitian ini menggunakan variabel dependen nilai
perusahaan yang diukur dengan Tobins Q dan variabel independen profitabilitas
proksi Return On Asset (ROA) diukur dengan total aset dan corporate social
responbility (CSR) yang diukur dengan CSRI. Hasil penelitian menunjukkan
secara parsial profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA)
berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan corporate social responbility (CSR)
berpengaruh terhadap nilai perusahaan.