• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Dinamika Stasiun Penyeberangan Ketapang 1970-1986

    Thumbnail
    View/Open
    skripsi Indra Dharmawan watermark.pdf (3.857Mb)
    Date
    2022-12-14
    Author
    DHARMAWAN, Indra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi ini mengkaji tentang dinamika Stasiun Penyeberangan Ketapang pada periode tahun 1970 sampai 1986. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu (1) Apa latar belakang dibangunnya Stasiun Penyeberangan Ketapang, (2) Bagaimana aktivitas yang dilakukan oleh Stasiun Penyeberangan Ketapang pada tahun 1970-1986, dan (3) Apa dampak dari keberadaan Stasiun Penyeberangan Ketapang terhadap masyarakat. Sebagai studi sejarah, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekonomi jasa menurut Philip Kotler serta menggunakan teori pertumbuhan ekonomi menurut W. W. Rostow. Berdasarkan hasil penelitian dijelaskan bahwa latar belakang dibangunnya Stasiun Penyeberangan Ketapang tidak terlepas dari peran perusahaan kereta api nasional (PJKA) yang menjadi jembatan atas dibangunnya sarana angkutan penyeberangan feri pertama di Selat Bali pada tahun 1970. Pembangunan ini dilakukan karena imbas dari permasalahan yang terjadi pada Pelabuhan Banyuwangi yang tidak dapat lagi menampung besarnya kebutuhan penyeberangan antar pulau. Keberadaan Stasiun Penyeberangan Ketapang sebagai perusahaan yang menawarkan jasa angkutan penyeberangan antar pulau Jawa-Bali menjadi jawaban atas kendala yang terjadi pada arus penyeberangan Jawa-Bali dengan kapasitas dan prasarana yang dimiliki sehingga memudahkan kebutuhan mobilitas penumpang dan barang di Selat Bali. Dampak yang cukup besar tersebut terhadap perkembangan transportasi di wilayah Selat Bali, membuktikan bahwa peran PJKA sebagai perusahaan yang mengelolah stasiun penyeberangan sangat penting dan diharapkan dapat meningkatkan sektor sosial ekonomi yang ada di wilayah tersebut.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114691
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2278]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository