Pengembangan Eksplorasi Ethnomatematika pada Kerajianan Besek Tape sebagai Bahan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Bondowoso
Abstract
Pengembangan Eksplorasi Ethnomatematika pada Kerajian Besek
Tape sebagai Bahan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Bondowoso.Untuk Mengoptimalkan
Hasil Pembelajaran pada materi Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah 1
Bondowoso. Desiana Putri Abdilla; 2022; 63 Halaman; Program Studi Pendidikan
Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan
Universitas Jember.
Pendidikan dalam pengertian luas dapat diartikan sebagai
suatu..upaya..memberikan..pengetahuan, ..wawasan, ..keterampilan, dan.keahlian
tertentu kepada individu-individu..guna.mengembangkan..bakat serta..kepribadian
mereka (Kartono, 1991).
Ethnomatematika merupakan pendekatan yang mengaitkan budaya dengan
matematika, sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta siswa..kepada..budaya dan
siswa..bisa..mengetahui berbagai manfaat..matematika didalam prespektif budaya
(Astui, Purwoko & Sintiya 2017). Adanya Ethnomatematika diharapkan siswa
akan lebih tertarik dengan mempelajari matematika dengan unsur budaya di
dalamnya.
Berdasarkan..hasil..observasi..dan..wawancara..terhadap..guru..kelas V SD
Muhammadiyah 1 Bondowoso di peroleh informasi bahwa pemanfaatan bahan
ajar di sekolah belum maksimal dan hanya menggunakan buku ajar tematik yakni
buku guru dan buku siswa serta LKPD tema sebagai penunjang sumber belajar.
Materi yang disajikan dalam LKPD masih terlihat umum sehingga ada beberapa
pembelajaran yang jauh dari kehidupan siswa. Terkadang siswa kurang
memahami masalah atau soal yang ada pada LKPD tematik tersebut. Karena itu
perlu adanya pengembang LKPD yang sesuai dengan kehidupan pesertadidik agar
tujuan belajar tercapai dengan maksimal. Pengembangan LKPD dapat
menumbuhkan motivasi belajar siswa, memperkaya wawasan kearifan lokal
siswa, menjadikan pembelajaran lebih bermakna sehingga menjadikan
pembelajaran yang relevan.
Jenis Penelitian ini adalah pengembangan atau bahasa populernya yaitu
“Research Based Development”. Borg and Gall (dalam Masyhud, 2016:222)
mengungkapkan bahwa penelitian peningkatan adalah siklus yang digunakan
untuk membuat dan menyetujui item instruktif (model, penedekatan, modul atau
media pembelajaran yang potensial). Penelitian pengembangan cocok digunakan
sebagai pemecah masalah dalam pendidikan.Penelitian lanjutan digunakan untuk
membuat item nyata yang memiliki nilai inovatif-kreatif dan keefektifan tinggi.
Materi yang akan dibuat dalam eksplorasi ini adalah lembar kerja siswa (LKPD)
berdasarkan wawasan terdekat Besek Tape
Hasil Pengembangan dari LKPD Eksplorasi Ethnomatematika pada Besek
Tape diperoleh dari validitas media oleh validator dengan persentase 89,04% dan
dinyatakan sangat layak atau prosuk siap dimanfaatkan di lapangan dalam
kegiatan pembelajaran. Berdasarkan uji coba keefektifan produk LKP yang
dilakukan pada siswa kelas VA (sebagai kelas eksperimen) dan VB (sebagai kelas
kontrol) SD Muhammadiyah 1 Bondowoso dengan menggunakan Uji T Sampel
Independen termasuk dalam kategori efektif dengan diperoleh t hitung sebesar
3,328. Kemudian dikonsultasikan dengan t tabel taraf signifikansi 0,05. Nilai t
tabel untuk taraf signifikansi 0,05 dengan df 36 adalah sebesar 2,028. Hasil
tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada t tabel (3,328 >
2,028).
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD Eksplorasi
Ethnomatematika pada Kerajinan Besek Tape lebih efektif daripada LKPD pada
buku siswa pada materi bangun ruang. Hasil Uji Keefektifan relatif Hasil belajar
siswa kelas eksperimen dalam ranah kognitif menunjukkan persentase 45,18%
dengan kategori keefektifan sedang. Dengan demikian pembelajaran menggunakan
LKPD Eksplorasi Ethnomatematika pada Kerajinan Besek Tape lebih efektif
dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan LKPD pada
buku siswa. Keefektifan kepraktisan dapat dilihat dari tigkat respon siswa, Hasil
belajar siswa dalam capaian pengetahuan kelas eksperimen dengan menggunakan
LKPD Eksplorasi Ethnomatematika pada Kerajinan Besek Tape menunjukkan nilai 45,18% keefektifan sedang. Selain itu, uji keefektifan respon siswa
mendapatkan persentase nilai mencapai 79,03% dengan kategori keefektifan
efektif