Peran Citra Merek dalam Memediasi Pengaruh Duta Merek dan Event Sponsorship terhadap Minat Beli Produk Rabbani pada Acara Hafiz Indonesia
Abstract
Di Indonesia perkembangan bisnis semakin ramai mulai dari lokal, nasional dan internasional pasar khususnya pada bisnis industri pakaian jadi yang sudah menjadi kebutuhan sekunder. Namun demikian, Industri garmen dan konveksi
berlomba-lomba untuk mendapatkan loyalitas dari konsumen. Pada awal tahun 2000 sebuah teknologi penemuan telah membawa perubahan signifikan terkait dengan sektor ekonomi dunia, terutama di Eropa seperti: peralatan produksi, tetapi
sekarang telah berubah menjadi mesin industri, barang-barang manufaktur skala kecil memiliki berubah menjadi skala besar, yaitu industri pakaian jadi. Berdasarkan pencapaian pesat industri pakaian jadi di Indonesia, perusahaan
tekstil terus memproduksi pakaian fashion, mulai memproduksi kain di atas skala besar, pasokan kain meningkat sehingga bisnis konveksi juga ikut memproduksi pakaian.
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Jember, Banyuwangi, Probolinggo, dan Pasuruan untuk mengetahui Peran Citra Merek dalam Memediasi Pengaruh Duta Merek dan Event Sponsorship terhadap Minat
Beli Produk Rabbani Pada Acara Hafiz Indonesia. Pada penelitian ini Berdasarkan hal tersebut maka dapat digaris bawahi jumlah responden yang dijadikan sampel adalah sebesar 161 orang. Sedangkan Jumlah sampel untuk disetiap lokasi sekolah
diambil secara alokasi proposional dengan cara jumlah populasi di tiap strata dikali dengan nilai 7 yang berada di antara batas minimal nilai 5 sampai dengan batas maksimum bernilai 10. Dari hal itu, jumlah keseluruhan indikator lalu
dikalikan dengan nilai 7 yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga akan mendapatkan hasil responden sebagaimana yang telah dijelaskan. Untuk tehnik analisis menggunakan Path Analisys (Analisis Jalur).
Hasil Penelitian menunjukkan pengujian koefisien jalur atas pengaruh duta merek terhadap citra merek menunjukkan pengaruh yang positifsignifikan. Ini membuktikan bahwa semakin baik duta merek yang ditampilkan maka akan meningkatkan citra merek. Hasil pengujian koefisien jalur atas pengaruh event sponsorship terhadap citra merek menunjukkan pengaruh yang positif signifikan. Ini membuktikan bahwa semakin baik event sponsorship maka event sponsorship akan meningkatkan citra merek. Hasil pengujian koefisien jalur atas pengaruh duta merek terhadap minat beli menunjukkan pengaruh yang positif signifikan. Ini
membuktikan bahwa semakin baik duta merek akan meningkatkan minat beli. Hasil pengujian koefisien jalur atas pengaruh event sponsorship terhadap minat beli menunjukkan pengaruh yang positif signifikan. Ini membuktikan bahwa semakin baik kegiatan event sponsorship akan meningkatkan minat beli. Hasil pengujian koefisien jalur atas pengaruh citra merek terhadap minat beli
menunjukkan pengaruh yang positif signifikan. Ini membuktikan bahwa semakin baik citra merek akan meningkatkan minat beli. Hasil pengujian koefisien jalur menunjukkan bahwa duta merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli melalui citra merek. Hasil pengujian koefisien jalur menunjukkan bahwa event sponsorship berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli melalui citra merek.
Collections
- MT-Management [539]