PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS BERMEREK DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Beras sebagai komoditas pangan pokok dikonsumsi oleh sebagian besar
masyarakat. Banyaknya produksi beras bermerek yang beredar di kabupaten
Jember menyebabkan konsumen mempunyai banyak pilihan dalam membeli
beras. Sebelum melakukan keputusan pembelian konsumen mengenali dengan
benar kebutuhan dan keinginannya. Pembelian beras bermerek di awali dengan
berbagai pertimbangan atas manfaat yang di peroleh dari beras bermerek tersebut.
Pertimbangan tersebut bisa dari harga beras bermerek, beras bermerek yang
menurut konsumen sesuai dengan keinginannya, promosi beras bermerek yang
gencar dan mampu membujuk konsumen untuk membelinya, ditribusi yang tepat
sehingga konsumen mudah untuk mendapatkannya. Penelitian dilaksanakan di
Kabupaten Jember pada bulan Mei 2011 hingga Agustus 2011.
Tujuan penelitian adalah mengetahui (1) Volume penjualan berbagai
merek beras di Kabupaten Jember (2) Persepsi konsumen terhadap strategi bauran
pemasaran beras bermerek dan (3) Hubungan antara persepsi konsumen terhadap
strategi bauran pemasaran berbagai merek beras dengan keputusan konsumen
untuk membeli beras bermerek di Kabupaten Jember. Penentuan daerah penelitian
dilakukan dengan sengaja di Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam
penelitian adalah metode diskriptif dan korelasional. Metode pengambilan contoh
dilakukan dengan cara convenience sampling. Jumlah sampel ditetapkan sebanyak
150 responden total dari wilayah penelitian dan 30 toko beras bermerek. Alat
analisis yang digunakan adalah deskriptif dan analisis Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari 28 beras yang banyak
dikonsumsi masyarakat di Kabupaten Jember, tiga merek beras yang banyak di
konsumsi masyarakat di Kabupeten Jember adalah Du’anak, Cobra, dan Macan.
(2) Penilaian persepsi konsumen beras bermerek di Kabupaten Jember
menunjukkan bahwa variabel produk memiliki mayoritas skor 5 yang berarti
vii
bahwa variabel produk secara keseluruhan sangat penting. Variabel harga
memiliki mayoritas skor 4 yang berarti bahwa variabel harga secara keseluruhan
penting. Variabel tempat memiliki mayoritas skor 3 yang berarti bahwa variabel
tempat secara keseluruhan cukup penting. Sedangkan untuk variabel promosi
memiliki mayoritas skor 1 yang berarti bahwa variabel promosi secara
keseluruhan kurang penting (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara
persepsi konsumen terhadap masing-masing variabel bauran pemasaran berbagai
merek beras dengan keputusan konsumen untuk membeli beras bermerek di
Kabupaten Jember. Keputusan konsumen dalam membeli beras dipengaruhi oleh
variabel produk mempunyai nilai signifikansi sebesar 0, 802 atau 80,2% dengan
tingkat kekuatan pengaruh sangat kuat. Keputusan konsumen dalam membeli
beras dipengaruhi oleh variabel harga mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,502
atau 50,2% dengan tingkat kekuatan pengaruh kuat. Keputusan konsumen dalam
membeli beras dipengaruhi oleh variabel tempat distribusi mempunyai nilai
signifikansi sebesar 00,501 atau 50,1% dengan tingkat kekuatan pengaruh kuat.
Keputusan konsumen dalam membeli beras dipengaruhi oleh variabel promosi
mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,192 atau 19,2% dengan tingkat kekuatan
pengaruh sangat lemah.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]