PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TRANSMART JEMBER
Abstract
Perkembangan bisnis yang semakin pesat salah satunya yakni di bidang 
retailer. Pertumbuhan penjualan ritel di Indonesia meningkat tembus 10% dari 
tahun 2019 dengan mencapai 256 triliun. Salah satu perusahaan ritel terbresar di 
Indonesia adalah Transmart dengan jumlah gerai sebanyak 137 gerai termasuk di 
Jember. Peningkatan bisnis retail yang ketat ini didukung dengan gaya hidup 
konsumtif masyarakat sehingga menjadi pertimbangan manajemen strategi 
perusahaan untuk dapat memenuhi kepuasan konsumen. Transmart membuka 
beberapa gerai ritel di Indonesia salah satunya berada di Kota Jember tepatnya 
berada di Jl. Hayam Wuruk No. 61a. kendati demikian banyaknya pesaing membuat 
pihak Transmart Jember memiliki strategi khusus agar tetap dapat bersaing 
meskipun pada dasarnya perusahaan ritel ini memiliki citra merek yang kuat. 
Adapun faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu citra merek, kualitas 
layanan, harga, dan store atmosphere.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh citra 
merek, kualitas layanan, harga, dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen 
pada Transmart Jember. Rancangan penelitian ini menggunakan explanatory 
research. Populasi pada penelitian ini yakni konsumen Transmart Jember. jenis 
data penelitian ini yakni jenis data kuantitatif. Sumber data pada penelitian adalah 
data primer dengan metode pengumpulan melalui kuisioner online menggunakan 
media google form. Teknik pengambilan sampe pada penelitian ini adalah non 
probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel 
penelitian ini sebanyak 105 responden dengan beberapa kriteria yang diajukan. 
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Citra merek 
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, 2) Kualitas layanan 
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, 3) Harga berpengaruh 
positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, 4) Store atmosphere berpengaruh
positif signifikan terhadap kepuasan konsumen.