Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Loyalitas Pasien Ibu Hamil di Bidan Praktik Mandiri Reiscau Kartika Kabupaten Malang
Abstract
Loyalitas pasien dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan kesehatan
merupakan sebuah derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang sesuai pada
standarisasi profesi serta standar pelayanan dengan mempergunakan potensi
sumber daya yang tersedia pada pelayanan kesehatan yang melebihi ataupun
memenuhi harapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara
kualitas pelayanan kesehatan dengan loyalitas pasien ibu hamil.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional
yang dilakukan di Bidan Praktik Mandiri Reiscau Kartika Kabupaten Malang
selesai pada bulan Mei tahun 2022. Jumlah total populasi seluruh pasien ibu hamil
Reiscau Kartika Kabupaten Malang yang mencari pelayanan K4 adalah 70. Sampel
penelitian ini sebanyak 36 responden, pengambilan sampel menggunakan teknik
systematic random sampling. Data didapatkan dari kuesioner, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis menggunakan koefisien korelasi pearson product
moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden sebesar 33 responden
(91,6%) menyampaikan bahwa merasakan kualitas pelayanan kesehatan yang
tinggi dan tidak ada responden yang merasakan kualitas pelayanan rendah.
Diketahui bahwa mayoritas pasien ibu hamil memiliki loyalitas yang tinggi yaitu
sebanyak 27 (75%) dan tidak ada responden yang memiliki loyalitas rendah.
Dianalisis dengan menggunakan uji koefisien korelasi pearson product moment
didapatkan hasil yang telah diolah dengan program IBM SPSS Statistics 25 yakni
nilai yang didapat 0,819 memiliki makna terdapat hubungan yang sangat kuat
antara variabel kualitas pelayanan kesehatan dengan loyalitas pasien ibu hamil di
Bidan Praktik Mandiri Reiscau Kartika Kabupaten Malang.
Collections
- UT-Faculty of Public Health [2227]