PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GAYAM 05 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gayam 05 Bondowoso
Tahun Ajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS masih rendah. Rendahnya hasil
belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; rendahnya minat
siswa pada pelajaran IPS, kondisi kelas yang selalu pasif. Salah satu model
pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut
adalah strategi pembelajaran aktif The Power Of Two, sehingga rumusan masalah
yang muncul adalah “Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif The
Power Of Two dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS
di kelas V SDN Gayam 05 Bondowoso Tahun Ajaran 2011/2012?” dan
“Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Gayam
05 Bondowoso Tahun Ajaran 2011/2012
?”.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas V SDN Gayam 05 Bondowoso tahun ajaran 2011/2012 melalui
strategi pembelajaran aktif The Power Of Two. Pengambilan data dilaksanakan di
SDN Gayam 05 Bondowoso, dimulai pada tanggal 15 Agustus 2011 sampai
dengan 29 November 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gayam
05 bondowoso tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 12 siswa, terdiri dari 6
siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan.
Berdasarkan jenisnya, penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan
Kelas (PTK), dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang
dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam pra siklus, tes akhir siklus I dan tes
akhir siklus II, hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama
proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two, serta
jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan.
Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran
IPS dengan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two menunjukkan bahwa
aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa
secara klasikal pada siklus I mencapai 51,11%, dan pada siklus II mencapai
61,11%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas
belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10% dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat pra siklus, ketuntasan belajar
siswa secara klasikal adalah 41,67%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan
belajar siswa menjadi 66,67%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 83,33%.
Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar sebesar
41.66% dari pra siklus ke siklus II dan 16,66% dari siklus I ke siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan
strategi pembelajaran aktif The Power Of Two dalam pembelajaran IPS dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gayam 05
Bondowoso tahun ajaran 2011/2012.
Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran aktif
The Power Of Two, maka saran yang dapat diberikan adalah:
1. Agar penerapan strategi The Power Of Two dapat berjalan dengan baik, maka
diperlukan kesiapan guru dalam mengajar dan juga kemampuan guru dalam
mengelola kelas;
2. Hendaknya motivasi diberikan secara aktif oleh guru kepada siswa untuk selalu
berfikir kritis pada saat mereka berdiskusi dengan pasangan;
3. Bagi peneliti lanjut, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan landasan
untuk penelitian selanjutnya dalam hal pengembangan pendekatan dan model
pembelajaran.