• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GAYAM 05 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Susiyati.pdf (161.1Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Susiyati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gayam 05 Bondowoso Tahun Ajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; rendahnya minat siswa pada pelajaran IPS, kondisi kelas yang selalu pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi pembelajaran aktif The Power Of Two, sehingga rumusan masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Gayam 05 Bondowoso Tahun Ajaran 2011/2012?” dan “Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Gayam 05 Bondowoso Tahun Ajaran 2011/2012 ?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gayam 05 Bondowoso tahun ajaran 2011/2012 melalui strategi pembelajaran aktif The Power Of Two. Pengambilan data dilaksanakan di SDN Gayam 05 Bondowoso, dimulai pada tanggal 15 Agustus 2011 sampai dengan 29 November 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gayam 05 bondowoso tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 12 siswa, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam pra siklus, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan. Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS dengan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 51,11%, dan pada siklus II mencapai 61,11%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat pra siklus, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 41,67%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar siswa menjadi 66,67%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 83,33%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar sebesar 41.66% dari pra siklus ke siklus II dan 16,66% dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gayam 05 Bondowoso tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two, maka saran yang dapat diberikan adalah: 1. Agar penerapan strategi The Power Of Two dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan kesiapan guru dalam mengajar dan juga kemampuan guru dalam mengelola kelas; 2. Hendaknya motivasi diberikan secara aktif oleh guru kepada siswa untuk selalu berfikir kritis pada saat mereka berdiskusi dengan pasangan; 3. Bagi peneliti lanjut, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan landasan untuk penelitian selanjutnya dalam hal pengembangan pendekatan dan model pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11410
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository