dc.contributor.author | LAILATUL, Sefa | |
dc.date.accessioned | 2023-03-30T06:21:50Z | |
dc.date.available | 2023-03-30T06:21:50Z | |
dc.date.issued | 2022-09-02 | |
dc.identifier.nim | 180210204276 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114095 | |
dc.description.abstract | Permasalahan yang mendasari penelitian ini yaitu kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran sehingga tidak dapat melihat perbedaan hasil belajar kognitif dari peserta didik. Maka diperlukan variasi dalam penerapan model pembelajaran agar dapat melihat perbedaan hasil belajar kognitif dari peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adanya perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian yaitu penelitian komparatif. Subjek penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV SDN Kotakulon 2 Bondowoso yang terdiri atas dua kelas, kelas IV A dan kelas IV B. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji-t sampel terpisah untuk melihat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen A (Kelas IV A) dengan kelas eksperimen B (Kelas IV B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV SDN Kotakulon 2 Bondowoso dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) yang ditunjukkan dengan perbedaan rata-rata hasil belajar setiap kelas. Kelas IV A dengan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 71,59 dan Kelas IV B dengan model Project Based Learning (PjBL) sebesar 63,25 | en_US |
dc.description.sponsorship | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd
Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFis | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | KOMPARASI | en_US |
dc.subject | MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) | en_US |
dc.subject | MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN | en_US |
dc.title | Studi Komparasi Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Tematik Terpadu Kelas IV SDN Kotakulon 2 Bondowoso | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFis | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |