Show simple item record

dc.contributor.authorLAILATUL, Sefa
dc.date.accessioned2023-03-30T06:21:50Z
dc.date.available2023-03-30T06:21:50Z
dc.date.issued2022-09-02
dc.identifier.nim180210204276en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114095
dc.description.abstractPermasalahan yang mendasari penelitian ini yaitu kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran sehingga tidak dapat melihat perbedaan hasil belajar kognitif dari peserta didik. Maka diperlukan variasi dalam penerapan model pembelajaran agar dapat melihat perbedaan hasil belajar kognitif dari peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adanya perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian yaitu penelitian komparatif. Subjek penelitian ini seluruh peserta didik kelas IV SDN Kotakulon 2 Bondowoso yang terdiri atas dua kelas, kelas IV A dan kelas IV B. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji-t sampel terpisah untuk melihat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen A (Kelas IV A) dengan kelas eksperimen B (Kelas IV B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV SDN Kotakulon 2 Bondowoso dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) yang ditunjukkan dengan perbedaan rata-rata hasil belajar setiap kelas. Kelas IV A dengan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 71,59 dan Kelas IV B dengan model Project Based Learning (PjBL) sebesar 63,25en_US
dc.description.sponsorshipChumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFisen_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKOMPARASIen_US
dc.subjectMODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)en_US
dc.subjectMODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL)en_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.titleStudi Komparasi Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Tematik Terpadu Kelas IV SDN Kotakulon 2 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFisen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record