Strategi Pengembangan Agroindustri Kopi di Kabupaten Bondowoso
Abstract
Pengembangan agroindustri mulai dari penanaman hingga dipasarkan kepada
konsumen memiliki beberapa peningkatan sektoral yang meliputi, meningkatnya
nilai tambah, menghasilkan produk yang bermanfaat dan berkualitas, serta
meingkatkan SDM pelaku agorindustri kopi yang tujuannya akan meningkatkan
ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis karakteristik dari komoditi kopi Kabupaten
Bondowoso yang kemudian akan ditentukan strategi paling tepat dan optimal dalam
mengembangkan agroindustri kopi di Kabupaten Bondowoso. Jenis Penelitian ini
adalah jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan sumber primer dan
sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif
kualitatif dan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Oppurtunities, Threats). Hasil
penelitian karakteristik komoditas kopi di Kabupaten Bondowoso menggunakan 2
jenis kopi, arabika dan robusta yang memiliki julukan Bondowoso Republik Kopi
(BRK) dan Hasil dari analisis SWOT yang telah dirumuskan, maka diperoleh
bahwa strategi paling tepat dan optimal dalam pengembangan agroindustri kopi di
Kabupaten Bondowoso mulai dari pascapanen hingga dipasarkan kepada konsumen
adalah Strategi SO (Strength-Oppurtunities) yang dimana strategi ini
memanfaatkan kekuatan perusahaan secara maksimal dari peluang yang tercipta
dari keadaan lingkungan disekitar. Maka strategi yang diperoleh yaitu : Melakukan
sosialisasi serta edukasi bagi pelaku agroindustri kopi, Meningkatkan promosi
penjualan kopi asli Bondowoso, Melakukan inovasi produk kopi, Mengoptimalkan
peran pemerintah dalam menggencarkan kopi asli Bondowoso.