Show simple item record

dc.contributor.authorDAMAYANTI, Esty Yulia
dc.date.accessioned2023-03-29T06:46:06Z
dc.date.available2023-03-29T06:46:06Z
dc.date.issued2022-09-17
dc.identifier.nim180210205081en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113959
dc.description.abstractKondisi pandemi akan menjadi tantangan bagi pengelola lembaga peendidikan dalam pemasaran sekolah, supaya lembaga pendidikan tersebut masih tetap eksis dan juga harus tetep bertahan jangan sampai collaps di masa pendemi ini, karena dari sektor ekonomi banyak sekali perusahaan yang mengalami kebangkrutan atau collaps. Penelitian ini ingin mendeskripsikan bagaimana penerapan manajemen marketing pada masa pandemi covid-19 di TK ABA 2 Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah kepala sekolah, HUMAS, guru, dan orang tua. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa dalam indikator bauran marketing TK ABA 2 Sumbersari menerapkan 7 bauran antara lain produk, biaya, tempat, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, proses. Untuk produk yang dihasilkan yaitu berupa lulusan anak-anak berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik serta ekstrakurikuler. Biaya yang ditawarkan dimasa pandemi covid-19 cukup terjangkau. TK ABA 2 Sumbersari tetap bisa mengimplementasi strategi marketing pendidikan dengan efektif, yaitu dengan cara melakukan adaptasi pada dampak yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Indikator model marketing yang digunakan yaitu marketing internal yang melibatkan guru, karyawan dan peserta didik. Untuk model eksternal melibatkan dengan mengikuti ajang perlombaan, bakti sosial dan qurban. Dan indikator keberhasilan pada masa pandemi covid- 19 sudah menerapkan manajemen marketing pendidikan dengan baik yang dibuktikan dengan adanya kepuasan para orangtua yang senang melihat anak-anaknya diberi pelayanan yang baik dalam kegiatan belajarnyaen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Reski Yulina Widiastuti S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMANAJEMEN MARKETINGen_US
dc.subjectPANDEMI COVID-19en_US
dc.subjectTK ABA 2 SUMBERSARIen_US
dc.titleManajemen Marketing pada Masa Pandemi Covid-19 di TK ABA 2 Sumbersari Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung-1 Desember 2022en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 29 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record