• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Peran Ayah terhadap Kedisiplinan Anak Usia Dini Keluarga dalam Keluarga Militer di TK Kartika IX-36 Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    ermywesmari.pdf (1.279Mb)
    Date
    2022-11-25
    Author
    AMANAH, Ermy Risqia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kedisiplinan merupakan sebuah perilaku kepatuhan yang dilakukan seseorang terhadap sebuah tata tertib ataupun peraturan. Perilaku patuh akan berbagai peraturan tersebut biasanya dilakukan secara sukarela yang bertujuan agar seseorang dapat dengan mudah diterima oleh lingkungannya karena kedisiplinan dapat membentuk interaksi. Peran ayah dalam membentuk karakter anak yang disiplin diperlukan karena peran ayah bukan hanya sebagai pencari nafkah namun ayah juga bertanggung jawab dalam pengasuhan dan pembentukan karakter anak. Penelitian ini ingin mendeskripsikan bagaimana peran ayah terhadap kedisplinan anak usia dini dalam keluarga militer di Kelompok B TK Kartika IX-36 Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah anak kelompok B yang memiliki kedisplinan tinggi dan profesi ayahnya sebagai TNI. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa peran ayah adalah sebagai teladan, pendamping, pembiasaan, pelatih, pemberi teguran serta pemberi penghargaan dan hukuman. Sebagai teladan ayah mencontohkan perilaku yang diharapkan sehingga anak menirukan perilaku ayah. Ayah juga berupaya mendampingi anak baik secara langsung maupun virtual sehingga terjalin kedekatan dan komunikasi yang baik dengan anak, menjadikan kedisplinan sebagai kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari anak, dan melatih anak untuk bersungguh-sungguh. Tidak kalah pentingnya adalah memberikan teguran bahkan hukuman jika anak melanggar aturan dan penghargaan saat anak mampu disiplin. Hukuman yang diberikan sifatnya yang tidak memberatkan karena tujuannya adalah untuk memberikan efek jera terhadap anak.Saran bagi guru: guru perlu adanya kerja sama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan anak, memngingat kedisiplinan harus dilakukan secara konsisten di sekolah maupun di rumah. Saran bagi orang tua: Saran yang diberikan untuk orang agar selalu menjadi teladan untuk anak, menjadi kontrol dan mengoptimalkan peran masing-masing dalam membentuk karakter anak yang disiplin. Lebih meningkatkan peran pendampingan kepada anak, untuk mengetahui sampai dimana proses perkembangan anak. Meningkatkan peran pendisiplinan yang lebih kondusif sehingga terciptanya sikap disiplin pada anak yang bukan terbentuk karena rasa takut akan teguran dan hukuman. Saran bagi peneliti lain: diharapkan yang diberikan adalah memperpanjang waktu pengambilan data sehingga dapat diperoleh pemahaman yang lebih mendalam
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113957
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15426]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository