Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penerapan model learning cycle 7E terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas XI SMA. Penelitian dilakukan di SMA Al-Azhar Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Terdapat dua kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 25 siswa dan XI MIPA 2 dengan jumlah 31 siswa. Penelitian dilakukan dengan menerapkan model learning cycle 7E di kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen serta menerapkan model konvensional yang biasa digunakan di sekolah tersebut untuk kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil post-test yang dilakukan di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata kemampuan literasi sains kelas eksperimen sebesar 67 dan kelas kontrol sebesar 62. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model learning cycle 7E berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas XI MIPA SMA Al-Azhar Jember.