• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul IPA Bilingual dengan Muatan Kearifan Lokal Pokok Bahasan Struktur dan Fungsi Tumbuhan

    Thumbnail
    View/Open
    Tugas Akhir_Sholihah_160210104041.pdf (1.631Mb)
    Date
    2022-10-05
    Author
    SHOLIHAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Seiring berjalannya waktu di era globalisasi ini MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) memberikan pengaruh terhadap sektor pendidikan di Indonesia. Pengaruh tersebut dapat dilihat melalui berkembangnya sekolah-sekolah berbasis global yang mengindikasikan bahwa peran bahasa Inggris semakin dibutuhkan. Dampak lain globalisasi yaitu melunturnya nilai kearifan lokal, guru sangat jarang mengintegrasikan kearifan lokal daerahnya ke dalam materi pembelajaran. Pembelajaran merupakan komponen-komponen yang terdiri dari unsur kemanusiaan, fasilitas, material, perlengkapan, serta tahapan-tahapan yang berpengaruh satu sama lain dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran akan berhasil jika dibantu dengan komponen yang sesuai kebutuhan. Langkah upaya alternatif dalam mengatasi masalah-masalah tersebut maka dikembangkannya modul IPA bilingual dengan muatan kearifan lokal pokok bahasan struktur dan fungsi tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil uji validitas dan keterbacaan modul IPA bilingual dengan muatan kearifan lokal pokok bahasan struktur dan fungsi tumbuhan. Jenis penelitian ini menggunakan Research & Development (R&D) dengan desain penelitian 4-D. Tahapan 4-D tersebut selanjutnya diadaptasi menjadi tiga tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, penyebaran kuesioner analisis kebutuhan siswa dan guru, penyebaran angket keterbacaan, dan validasi modul. Hasil uji validitas modul IPA bilingual dengan muatan kearifan lokal pokok bahasan struktur dan fungsi tumbuhan didapatkan rerata skor persentase 78,3% oleh validator materi dan berkategori valid sedangkan uji validitas oleh validator ahli media dan validator pengguna menghasilkan rerata skor persentase yang sama, yakni 89% dengan kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan modul IPA bilingual dengan muatan kearifan lokal pokok bahasan struktur dan fungsi tumbuhan oleh 5 siswa SMP Tursina Banyuwangi telah menghasilkan persentase aspek materi, aspek bahasa, dan tampilan secara berturut-turut adalah 82,5%, 95%, dan 88% sehingga hasil uji keterbacaan modul dari ketiga aspek tersebut sudah memenuhi kategori sangat baik. Modul IPA bilingual dengan muatan kearifan lokal pokok bahasan struktur dan fungsi tumbuhan berkategori sangat valid dan sangat baik sehingga modul tersebut dapat diterapkan ke dalam pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113798
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository