Show simple item record

dc.contributor.authorTYAS, Desy Aningrum
dc.date.accessioned2023-03-28T03:59:01Z
dc.date.available2023-03-28T03:59:01Z
dc.date.issued2022-09-21
dc.identifier.nim190903102021en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113771
dc.description.abstractSistem Layanan Tour Guide Pada Geopark Information Center (GIC) di Kabupaten Banyuwangi, Fienda Dwi Septian, 190903102021; 2022; Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Sektor pariwisata di Indonesia telah tumbuh dan berkembang sangat baik, peristiwa ini dapat dipandang sebagai potensi untuk memakmurkan rakyat dan memajukan negara Indonesia. Indonesia memiliki wilayah Geopark dan berpotensi untuk dikembangkan. Salah satu wilayah geopark di Indonesia yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso yang telah melakukan kolaborasi membentuk kawasan Ijen Geopark dengan fokus topik tentang Danau Kawah Gunung Api Terasam dan Pesona Api Biru. Perihal Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 tentang pengembangan Taman Bumi atau Geopark dapat menjadi perhatian bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, yaitu dalam bentuk dibangunnya Geopark Information Center (GIC). Berlokasi di lingkungan kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi yang difungsikan sebagai tempat promosi dan informasi mengenai Ijen Geopark, sekaligus menjadi wahana literasi bagi semua lapisan masyarakat. Memiliki dua ruang yaitu museum geopark dan mini bioskop dengan difasilitasi petugas tour guide yang merupakan pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi bagian bidang Geopark. Keterbatasan jumlah tour guide menyebabkan Geopark Information Center (GIC) memanfaatkan tenaga magang yang tentunya belum berlisensi sebagai tour guide, sehingga layanan yang diberikan kurang optimal. Sistem layanan tour guide di Geopark Information Center (GIC) terdiri dari tiga jenis sistem layanan. Pertama, adanya sistem layanan tour guide berdasarkan metode yang digunakan; ini termasuk sistem layanan tour guide metode manual dan sistem layanan tour guide metode modern, selanjutnya sistem layanan tour guide berdasarkan jumlah pengunjung meliputi; sistem layanan pengunjung group tour dan sistem layanan individual tour, terakhir adalah sistem layanan berdasarkan jenjang pendidikan pengunjung meliputi; sistem layanan jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD), Sistem layanan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga perguruan tinggi, dan sistem layanan pengunjung umum. Dengan menerapkan sistem layanan yang serupa dengan yang dijelaskan di atas, diharapkan Geopark Information Center (GIC) dapat memberikan layanan terbaik kepada setiap pengunjung. Tour guide akan memberikan informasi dengan menggunakan sistem layanan baik manual maupun modern sekaligus menyesuaikan sistem layanan dengan jumlah pengunjung. Dengan cara ini, diharapkan pengunjung akan mendapatkan pelayanan terbaik. Selain itu, dengan menyesuaikan berdasarkan pendidikan pengunjung, tujuannya adalah agar setiap pengunjung menerima informasi yang memenuhi kebutuhan pengetahuan masing-masing dari pengunjung yang datang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectIjen Geoparken_US
dc.subjectSistem Layanan Tour Guideen_US
dc.titleTour Guide Service System at the Geopark Information Center GIC in Banyuwangi Districten_US
dc.typeLaporan D3en_US
dc.identifier.prodiUsaha Perjalanan Wisataen_US
dc.identifier.pembimbing1Pramesi Lokaprasidha, S.S., M.Paren_US
dc.identifier.pembimbing2Tri Sulihanto Putra, S.Ikomen_US
dc.identifier.validatorArinen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 28 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record