Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Termodinamika
Abstract
Abstrak
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran,. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi termodinamika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMAN Balung tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 siswa. Indikator kemampuan berpikir kreatif yang digunakan adalah berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil dan kemampuan memerinci. Penelitian dilakukan dengan memberikan soal tes kemampuan berpikir kreatif berjumlah 12 soal yang hasilnya kemudian dianalisis dan dikategorikan ke dalam kriteria sangat baik,baik,cukup,kurang dan sangat kiurang. Adapun hasil analisis untuk tiap indikator, pada indikator berpikir lancar dan berpikir luwes pada kategori baik, indikator berpikir orisinil pada kategori kurang dan indikator kemampuan memerinci pada kategori sangat kurang.Adapun rata-rata keseluruhan menunjukkan siswa dalam kategori berpikir kreatif kurang.