Pengaruh Media Picture Book Digital dalam Pembelajaran Tema Benda-Benda di Sekitar Kita terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Kedurus 01 Surabaya
Abstract
Perkembangan teknologi digital di era Industri 4.0 saat ini telah membawa perubahan dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan. Dengan kemajuan teknologi ini dapat dimanfaatkan agar pembelajaran menjadi kreatif dan menyenangkan, sebagai media pembelajaran
untuk memenuhi kebutuhan belajar yang inovatif. Gambar dan teks dalam picture book dapat membuat penjelasan menjadi lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa, sehingga siswa dapat memahami pembelajaran dengan baik. Penyajian cerita ke dalam buku digital mampu menghadirkan tampilan yang lebih menarik dan tidak memiliki keterbatasan penggunaan. Salah satu materi dalam mata pelajaran IPA kelas V yang ada di sekolah dasar adalah sub bahasan materi zat tunggal dan campuran. Guru kelas V di SDN Kedurus 01 Surabaya belum pernah menggunakan media picture book digital di dalam menyampaikan materi pelajaran. Sangat disayangkan dengan fasilitas yang tersedia di sekolah tetapi guru kurang
memanfaatkan fasilitas tersebut sebagai media pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media picture book digital dalam pembelajaran tema bendabenda di sekitar kita terhadap hasil belajar pada siswa kelas V di SDN Kedurus 01 Surabaya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya
pengaruh yang signifikan penggunaan media picture book digital dalam pembelajaran tema benda-benda di sekitar kita terhadap hasil belajar pada siswa kelas V di SDN Kedurus 01 Surabaya.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kedurus 01 Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi experimental dengan desain non-equivalent control group. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VA sebanyak 30 siswa dan kelas VB sebanyak 29 siswa. Sebelum diberikan treatment, dilakukan uji homogenitas dengan untuk mengetahui kemampuan awal siswa di kedua kelas tersebut. Hasil uji
homogenitas yang dilakukan diperoleh nilai thitung sebesar -0,13. Nilai tersebut dapat dikatakan data tersebut homogen karena nilai lebih kecil dari ttabel sebesar 1,67. Hasil penelitian menunjukkan data yang dianalisis yaitu beda nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik analisis t-test. Hasil perhitungan tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 95% dengan df = 57, sehingga diperoleh nilai ttabel yaitu 1,67. Hasil perhitungan t-test dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical for Social Sciene) versi 25.0, diperoleh hasil thitung sebesar 6,26. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan ttabel dengan hasil t-test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 6,26 > 1,67, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Dilakukan perhitungan uji keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan media picture book digital dalam pembelajaran Tema Benda-Benda di Sekitar Kita. Hasil dari penghitungan tersebut,
diperoleh hasil uji keefektifan relatif sebesar 48,67% termasuk dalam kriteria keefektifan sedang, sehingga didapatkan bahwasannya pencapaian hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan media picture book digital menunjukkan 48,67% lebih efektif apabila dibandingkan dengan kelas kontrol yang
tidak menggunakan media picture book digital dalam pembelajaran Tema BendaBenda di Sekitar Kita. Media picture book digital diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dari media pembelajaran yang inovatif bagi guru dan dapat menjadi tambahan wawasan untuk peneliti lain dan memberikan hasil yang lebih baik.