Analisis Literasi Sains Siswa Kelas V SDN Tegalwangi 02 Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Tema 5 Pokok Bahasan Ekosistem
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan literasi sains siswa kelas V SDN Tegalwangi 02 Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal cerita tema 5 topik ekosistem yang difokuskan pada aspek proses ilmiah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen soal, instrumen pedoman wawancara dan lembar validasi. Berdasarkan hasil analisis data tes literasi sains dari 18 siswa, terdapat 3 siswa dengan kemampuan kognitif tinggi dengan persentase 16,67%, 12 siswa dengan kemampuan kognitif sedang dengan persentase 66,67% dan 3 siswa dengan kemampuan kognitif rendah. dengan persentase 16,67%. Setiap kategori yang terpenuhi diwawancarai untuk memperkuat hasil penelitian. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa, diperoleh informasi bahwa rata-rata kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah adalah siswa tidak terbiasa menyelesaikan tes keterampilan literasi sains atau masalah yang berkaitan dengan keterampilan proses sains.