Pengembangan E-modul Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbantuan canva yang valid, praktis, dan
efektif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Adapun hasil validasi e-modul
berbantuan canva diperoleh persentase sebesar 91,9% dengan kategori valid. E-modul berbantuan canva
kemudian digunakan dalam pembelajaran untuk mengetahui kepraktisan berdasarkan observasi
keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase sebesar 95,4% tergolong sangat praktis. Keefektifan
diperoleh berdasarkan hasil analisis N-gain pretest dan posttest sebesar 0,9 dengan kategori tinggi.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat dinyatakan bahwasanya e-modul berbantuan canva terbilang
valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan argumentasi
ilmiah siswa SMP.