• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Instrumen Penilaian Formatif Berbasis Hots Pengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas

    Thumbnail
    View/Open
    Alvianty Noer Cahya_180210102129_Tugas Akir.pdf (3.224Mb)
    Date
    2022-10-05
    Author
    Cahya, Alvianty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan instrumen penilaian HOTS, reliabilitas instrumen penilaian HOTS dari instrumen tes. Pegujian dilakukan pada kelas XII MIPA 7 dan XII MIPA 8 SMA Negeri 2 Jember pada semester genap. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa 20 soal esai pada materi teori kinetik gas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui pemodelan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata – rata tingkat kevalidan sebesar 91,11% dan nilai derajat koefisien reliabilitas r11 sebesar 0,9156. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis tingkat kesukaran butir soal terdapat 14 butir soal yang layak atau bisa diterima dan 6 butir soal yang tidak layak karena memiliki tingkat kesukaran yang tidak sesuai dengan kriteria tingkat kesukaran butir soal yang baik dan hasil analisis daya pembeda butir soal, dimana hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat 12 butir soal yang layak digunakan dengan beberapa perbaikan soal dan 8 butir soal yang tidak layak untuk digunakan karena memiliki daya pembeda dengan kategori jelek atau tidak sesuai dengan kriteria daya pembeda soal yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal – soal fisika pada materi teori kinetik gas yang diukur dengan menggunakan instrumen tes higher order thinking skill (HOTS) dapat dikategorikan sedang.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113589
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository