Pengembangan E-Modul Berbasis STEM-PBL pada Materi Kalor dan Perpindahannua untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis STEM-PBL pada materi kalor dan perpindahannya yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian pengembangan ini melalui tiga tahapan oleh Plomp, yaitu tahap penelitian pendahuluan, tahap pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Uji coba dilakukan terhadap 32 siswa MTsN 1 Jember. Metode pengumpulan data berupa wawancara, validasi, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil validasi e-modul berbasis STEM-PBL diperoleh persentase 90% dengan tingkat validitas sangat valid. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran diperoleh persentase sebesar 88,85% dengan kriteria sangat praktis. Efektivitas diperoleh berdasarkan N-gain tes kemampuan berpikir kritis sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi dan memperoleh respon positif dari siswa dengan persentase 88,3%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, e-modul berbasis STEM-PBL dinyatakan valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan dalam pembelajaran IPA.