Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan Pendekatan STEM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di SMA Negeri Kalisat. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 5 dan 6 dipilih dari populasi dengan menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian ini yaitu quasi experiment. Desain pada penelitian ini yaitu nonequivalent group design. Instrumen penilain yang digunakan adalah pretest dan posttes yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda dan 4 soal essay, serta lembar tes berpikir kritis yang terdiri dari 5 soal. Teknik analisis data yang dipakai pada uji keterampilan berpikir kritis menggunakan independent sample t-test dan penilaian hasil belajar menggunakan ANAKOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa Project Based Learning dengan pendekatan STEM menunjukkan hasil signifikansi p p<0,05 untuk hasil belajar dan berpikir kritis, artinya terdapat pengaruh model PjBL berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN Kalisat.