Pengembangan E-modul Ipa Berbasis (Sets Science Environment Technology and Society) untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik SMP
Abstract
Pengembangan E-Modul IPA Berbasis SETS (Science, Environment,
Technology, and Society) Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving
Peserta Didik SMP; Mahla Noer Rozqiyah Syam; 180210104094; 49 halaman;
Program Studi Pendidikan IPA; Jurusan Pendidikan MIPA; Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Pembelajaran IPA didasari pengalaman secara langsung sesuai dengan
kompetensi ilmiah diperoleh dengan menjelajahi dan memahami alam sekitar,
tujuannya untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis dalam
menyelesaikan permasalahan fenomena alam untuk meningkatkan keterampilan
dan sikap. Melalui kemampuan problem solving, peserta didik dituntut untuk kreatif
dalam menemukan solusi dari permasalahan. Penyebab rendahnya kemampuan
problem solving dikarenakan penyampaian pembelajaran IPA masih terpusat pada
guru yang menimbulkan kebosanan dan semangat belajar menurun serta bahan ajar
yang digunakan belum melatih kemampuan problem solving. Solusi yang dapat
ditawarkan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan
e-modul IPA berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society). E modul IPA berbasis SETS membantu peserta didik dalam mempelajari materi
pemanasan global kelas VII SMP semester genap karena dapat memperjelas
permasalahan lingkungan secara lengkap dan konkret sehingga menambah
pemahaman dan sikap dalam mengatasi permasalahan. Proses pembelajaran yang
dilakukan dengan menggunakan e-modul IPA berbasis SETS dapat meningkatkan
kemampuan problem solving dikarenakan peserta didik dilatih untuk memahami
masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencan, dan mengecek kembali.
Berdasarkan uraian diatas, peningkatan kemampuan problem solving peserta didik
SMP diperlukan pengembangan e-modul IPA berbasis SETS (Science,
Environment, Technology, and Society) pada materi pemanasan global.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas,
kepraktisan, dan efektivitas e-modul IPA berbasis SETS (Science, Environment,
Technology, and Society) pada materi pemanasan global dalam meningkatkan
ix
kemampuan problem solving peserta didik SMP. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model
ADDIE yang tahapannya terdiri dari analyze, design, development, implementation,
and evaluation. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian
pengembangan ini yaitu teknik analisis data validasi dengan instrumen lembar
validasi untuk menentukan kevalidan produk, teknik analisis data kepraktisan
dengan instrumen lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan aktivitas
belajar peserta didik, teknik analisis data efektivitas dengan tes kemampuan
problem solving berupa pretest dan posttest untuk mengetahui efektivitas produk
dalam meningkatkan kemampuan problem solving yang diukur dengan
menggunakan N-gain, serta teknik analisis data efektivitas dengan angket respon
peserta didik berupa instrumen tanggapan dan reaksi peserta didik setelah
menggunakan e-modul IPA berbasis SETS.
Hasil validasi e-modul IPA berbasis SETS pada materi pemanasan global
dengan menggunakan instrumen lembar validasi memuat empat aspek penilaian
mendapat persentase rata-rata sebesar 92,25% dengan kategori sangat valid. Hasil
kepraktisan e-modul IPA berbasis SETS pada materi pemanasan global dengan
menggunakan instrumen lembar observasi mendapat persentase rata-rata dari empat
pertemuan sebesar 89,32% dengan kriteria sangat praktis. Hasil efektivitas e-modul
IPA berbasis SETS pada materi pemanasan global dengan menggunakan N-gain
pretest dan posttest kemampuan problem solving sebesar 0,58 dengan kriteria
sedang, artinya efektif dalam meningkatkan kemampuan problem solving.
Efektivitas e-modul IPA berbasis SETS juga ditentukan dari angket respon peserta
didik memuat lima aspek penilaian mendapat persentase sebesar 97,80% dengan
kategori sangat baik.
Berdasarkan perolehan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e modul IPA berbasis SETS pada materi pemanasan global untuk meningkatkan
kemampuan problem solving peserta didik SMP menunjukkan hasil dengan
kategori valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian produk yang dikembangkan
dapat digunkaan dalam proses pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan
problem solving