• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Penggunaan Google Classroom terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Dringu

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (2.279Mb)
    Date
    2022-06-15
    Author
    NURDIANSYAH, Bimo Nugroho Kasih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Teknologi merupakan bagian besar dari pada kehidupan bermasyarakat. Pemanfaatan teknologi informasi pada pendidikan menjadi salah satu inovasi. Penerapan dari kemajuan teknologi pada pendidikan menjadikan proses pembelajaran lebih menarik, aktif, dan kreatif yang diintegrasikan secara sistematis dan efektif. Pendidikan menjadi terbantu dengan menggunakan teknologi pada proses pembelajaran menjadi inovatif dan mendorong peserta didik belajar lebih optimal. Penggunaan media pembelajaran dalam sebuah pembelajaran dapat mempermudah pembelajaran dan lebih memotivasi peserta didik karena pembelajaran menggunakan media lebih menyenangkan di masa pandemi Covid-19. Ketika pembelajaran dalam jaringan yang memanfaatkan media yang membutuhkan jaringan sangat dibutuhkan. Pembelajaran yang menyenangkan mampu memotivasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Google Classroom adalah aplikasi yang dibuat oleh Google yang bertujuan untuk membantu pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Google Classroom juga memberikan kemudahan dalam mengakses layanan sesuai kebutuhan peserta didik. Perkembangan peserta didik dapat dilihat dari hasil tes yang diberikan oleh pendidik yang mengalami peningkatan. Rumusan masalah dalam penelitian, bagaimana efektivitas penerapan Google Classroom pada peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dringu. Tujuan penelitian ini melakukan analisis keefektifan penerapan Google Classroom terhadap peningkaan hasil pembelajaran sejarah dalam menampilkan video materi pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun penentuan tempat penelitian ditentukan secara khusus oleh peneliti sesuai kriteria yang dibutuhkan bertempat di SMA Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. Pengambilan data menggunakan Pre-test dan Postest. Supaya akurasi data yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan, peneliti menggunakan serangkaian uji instrumen penelitian yaitu: uji validitas, uji Reliabilitas. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, serta Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil analisis efektivitas penggunaan Google Classroom terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dringu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Google Classroom. Hasil posttest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai sebesar 88,57, sedangkan hasil posttest hasil belajar peserta didik kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai sebesar 74,89. Hasil belajar tersebut menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media Google Classroom memiliki nilai yang lebih tinggi dari kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Hal ini serupa dengan hasil uji efektifitas hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Google Classroom yang memiliki tingkat efektifitas sebesar 31%. Dapat disimpulkan bahwa Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif dengan peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaraan sejarah sebesar 31% dari hasil belajar sebelum menggunaan Google Classroom.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113531
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository