Efektivitas Penggunaan Google Classroom terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Dringu
Abstract
Teknologi merupakan bagian besar dari pada kehidupan bermasyarakat. Pemanfaatan teknologi informasi pada pendidikan menjadi salah satu inovasi. Penerapan dari kemajuan teknologi pada pendidikan menjadikan proses pembelajaran lebih menarik, aktif, dan kreatif yang diintegrasikan secara sistematis dan efektif. Pendidikan menjadi terbantu dengan menggunakan teknologi pada proses pembelajaran menjadi inovatif dan mendorong peserta didik belajar lebih optimal. Penggunaan media pembelajaran dalam sebuah
pembelajaran dapat mempermudah pembelajaran dan lebih memotivasi peserta didik karena pembelajaran menggunakan media lebih menyenangkan di masa pandemi Covid-19. Ketika pembelajaran dalam jaringan yang memanfaatkan media yang membutuhkan jaringan sangat dibutuhkan. Pembelajaran yang
menyenangkan mampu memotivasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Google Classroom adalah aplikasi yang dibuat oleh Google yang bertujuan untuk membantu pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Google Classroom juga memberikan kemudahan dalam mengakses layanan sesuai
kebutuhan peserta didik. Perkembangan peserta didik dapat dilihat dari hasil tes yang diberikan oleh pendidik yang mengalami peningkatan.
Rumusan masalah dalam penelitian, bagaimana efektivitas penerapan Google Classroom pada peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dringu. Tujuan penelitian ini melakukan analisis keefektifan penerapan Google Classroom terhadap peningkaan hasil pembelajaran sejarah dalam menampilkan video materi pada peningkatan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun penentuan tempat penelitian ditentukan secara khusus oleh peneliti sesuai kriteria yang dibutuhkan bertempat di SMA Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. Pengambilan data menggunakan Pre-test dan Postest. Supaya akurasi data yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan, peneliti menggunakan serangkaian uji instrumen penelitian yaitu: uji validitas, uji Reliabilitas. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji
Homogenitas, serta Uji Hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis efektivitas penggunaan Google Classroom terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Dringu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik yang menggunakan
media Google Classroom. Hasil posttest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai sebesar 88,57, sedangkan hasil posttest hasil belajar peserta didik kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai sebesar 74,89. Hasil belajar tersebut menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan
media Google Classroom memiliki nilai yang lebih tinggi dari kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Hal ini serupa dengan hasil uji efektifitas hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Google Classroom yang memiliki tingkat efektifitas sebesar 31%. Dapat disimpulkan bahwa Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif dengan peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaraan sejarah sebesar 31% dari hasil belajar sebelum menggunaan Google Classroom.