• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Nilai Publik Pada Pelayanan Publik Bidang Perizinan di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Tenaga Kerja Kota Mojokerto

    Thumbnail
    View/Open
    Dea_Anggraeni_170910201035.pdf (3.775Mb)
    Date
    2022-08-09
    Author
    ANGGRAENI, Dea
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Nilai Publik Pada Pelayanan Publik Bidang Perizinan Di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dan Tenaga Kerja Kota Mojokerto; Dea Anggraeni, 170910201035; 2022; 191 halaman; Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai publik pada pelayanan publik bidang perizinan di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dan Tenaga Kerja Kota Mojokerto. Peringkat kemudahan berusaha pada tahun 2020 oleh Bank Dunia, Indonesia memperoleh peringkat 73 se-dunia dan nomor 6 se-ASEAN, kemudahan berusaha ini berkaitan dengan pelayanan perizinan usaha. Hal ini terlihat juga pada kawasan pemerintah daerah di Kota Mojokerto yang memberikan pelayanan perizinan, dimana realisasi IKM yang belum mencapai target dan indikator yang memperoleh nilai terendah terdiri dari prosedur layanan, kecepatan pelayanan, dan tanggung jawab pelayanan. Pelaksanaan pelayanan perizinan di DPMPTSPNAKER Kota Mojokerto masih mengalami permasalah terkait waktu pelayanan, prosedur, dan permasalahan teknis terkait kesiapan operasional untuk memberikan pelayanan publik. Dimana hal ini dapat menghambat penciptaan nilai publik, dan penerimaan nilai manfaat dari pelayanan perizinan yang diterima masyarakat. Pelayanan perizinan yang disediakan oleh DPMPTSPNAKER Kota Mojokerto merupakan bentuk dari pelayanan administratif untuk membantu kepala daerah yaitu Walikota Mojokerto dalam urusan pemerintahan dan tugas pembatuan di bidang penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu, tenaga kerja, dan transmigrasi. Dimana pelayanan perizinan diberikan dengan berbasis elektronik melalui penggunaan Sistem Informasi Mojokerto (SIMOJO) dengan tujuan sesuai dengan Peraturan Walikota nomor 18 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Secara Elektronik yaitu untuuk memberikan pelayanan perizinan yang mudah, murah, cepat, transparan, dan akuntabel. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeksripsikan nilai publik dari pelayanan publik bidang perizinan di DPMPTSPNAKER Kota Mojokerto, khususnya pada perizinan bidang usaha berdagangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini tidak hanya menunjukkan bahwa nilai publik terpenuhi namun juga manfaat layanan yang terbentuk dari pelayanan perizinan di DPMPTSPNAKER Kota Mojokerto. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelayanan publik perizinan di DPMPTSPNAKER Kota Mojokerto memiliki ketentuan yang mendukung pelayanan perizinan, kualifikasi yang mendukung operasional pelayanan perizinan, dan manfaat interaksi antara petugas perizinan dan pemohon izin. Ketentuan yang mendukung pelayanan perizinan didukung dengan ketentuan yang mendukung baik itu aturan formal melalui legitimasi maupun secara non-formal melalui dukungan dari masyarakat. Ketentuan pelaksanaan pelayanan perizinan yang terlegitimasi terpenuhi dengan adanya peraturan baik itu peraturan pemerintah pusat maupun peraturan pemerintah daerah yang menjadi dasar hukum pelaksanaan layanan. Kualifikasi yang mendukung operasional pelayanan perizinan telah ditunjang dengan petugas pelayanan perizinan yang memenuhi kualifikasi dan fasilitas penunjang operasional. Manfaat interaksi antara petugas perizinan dan pemohon izin terdiri dari nilai ekonomis, nilai kemudahan dan kecepatan, dan nilai keramahan. Nilai ekonomis berasal dari digratiskannya biaya layanan. Nilai kemudahan dan kecepatan layanan berasal dari prakti layanan perbantuan. Nilai keramahan dapat dilihat dari sikap petugas pelayanan perizinan kepada pemohon izin dan bagaiaman pemohon izin menanggapinya
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113505
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5610]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository