Atribut Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Program “Wayan Adus Ketan” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember: Studi Kasus Di Kecamatan Kaliwates
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut inovasi pelayanan Wayan Adus Ketan di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Jember, mengungkapkan dan menganalisis data-data mengenai keuntungan, kesesuaian,
kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati dalam pelaksanaan inovasipelayanan Wayan Adus Ketan di
Dispendukcapil Jember. Pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP, KK, dan Akte Kelahiran terpusat pada
dispendukcapil Kabupaten Jember, masyarakat yang akan mengurus adminduk mengeluhkan lokasi rumah jauh seperi
kecamatan Silo, kecamatan Kencong, dan masih banyak lagi. Mereka harus datang jauh ke kantor dispendukcapil kota Jember
untuk mengurus adminduk. Pelayanan yang diberikan oleh kantor dispendukcapil Kabupaten Jember berbelit-belit sehingga
menimbulkan antrian yang sangat panjang dan berdesak-desakan. Masyarakat juga melaporkan dalam pelaksanaan adminduk
di kantor dispendukcapil kota Jember terdapat pungli yang ikut dalam pelayanan adminduk masyarakat. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara
mendalam, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data dalam penelitian yakni informan. Uji keabsahan data menggunakan
metode triangulasi data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kondensasi data, penyajian data, dan menarik
kesimpulan. Program ini dapat membantu kebutuhan masyarakat, masyarakat tidak perlu lagi datang jauh ke kantor
dispendukcapil, cukup datang ke kantor kecamatan masing-masing mereka dapat mengurus adminduknya, pengurusan
adminduk tidak berbelit-belit seperti sebelumnya, pelayanan tidak menimbulkan antrian yang panjang dan berdesak-desakan
lagi. Masyarakat juga mengatakan dengan adanya program tersebut pungli sudah tidak ada lagi.