• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENDAPATAN DAN PENAMPILAN PASAR USAHATANI TEMBAKAU BESUKI NA-OOGST TANAM AWAL (NO–TA) DI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Reni Fitatri.pdf (104.1Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Reni Fitatri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tembakau merupakan salah satu komoditas perkebunan yang banyak diusahakan oleh petani di Kabupaten Jember khususnya di Kecamatan Ambulu. Tembakau yang banyak diusahakan yaitu tembakau jenis Besuki Na-Oogst , sebab memiliki pangsa pasar ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Saluran pemasaran Tembakau Besuki Na-Oogst Tanam Awal (NO-TA) yang ada di Kabupaten Jember, (2) Penampilan pasar dari Tembakau Besuki Na-Oogst Tanam Awal (NO-TA) yang ada di Kabupaten Jember dan (3) Perbedaan pendapatan petani Tembakau Besuki Na-Oogst Tanam Awal (NO-TA) di Kabupaten Jember pada berbagai saluran pemasaran. Penelitian dilakukan di Desa Sumberejo dan Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif dan analitik. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis penampilan pasar yaitu margin pemasaran, share harga, share biaya dan share keuntungan, serta analisis ushatani yaitu pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Saluran pemasaran Tembakau Besuki Na-Oogst Tanam Awal (NO-TA) terdiri dari saluran I : petani → eksportir, saluran II : petani → pedagang pengumpul → eksportir, saluran III : petani → tengkulak → eksportir dan saluran IV : petani → tengkulak → pedagang pengumpul→ eksportir, (2) Harga jual petani paling tinggi diperoleh pada saluran pemasaran I, margin pemasaran yang paling kecil diperoleh pada saluran pemasaran I, share harga paling tinggi diperoleh pada saluran pemasaran I, share biaya yang paling kecil diperoleh pada saluran pemasaran IV, share keuntungan yang paling tinggi diperoleh pada saluran pemasaran III dan (3) Pendapatan yang diterima petani pada berbagai saluran pemasaran berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11324
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4363]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository