• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan di SDN Sumbersari 1 Bondowoso.

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_Husnul Istiqomah_170210204152.pdf (4.457Mb)
    Date
    2022-07-29
    Author
    ISTIQOMAH, Husnul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang diketahui di sekolah ini yaitu, proses mengajar dan belajar seringkali guru dalam mentransfer ilmunya menggunakan metode ceramah, sehingga terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan materi. Memiliki kreativitas untuk memudahkan dalam penyampaian materi kepada siswa, salah satunya melalui media pembelajaran seperti media audio-visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema indahnya kebersamaan di SDN Sumbersari 1 Bondowoso?. Tujuan penelitian adalah: Untuk Mengetahui Ada Atau Tidaknya Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan Di SDN Sumbersari 1 Bondowoso. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Tempat penelitian yakni di SDN Sumbersari 1 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitiannya menggunakan Intract-Group Comparisson. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas IV yang berjumlah 48 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 24 siswa dari masing-masing kelas. Berdarkan hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan, dapat ketahui harga thitung = 3,118, selanjutnya harga thitung dikonsultasikan dengan harga t-tabel dengan taraf signifikan 0,01. Harga t-tabel yang didapatkan yaitu 2,012. Ketentuan hasil thitung adalah apabila analisis hasil thitung > ttabel para taraf signifikan 0,01, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan apabila analisis hasil thitung < ttabel para taraf signifikan 0,01, maka Ha ditolak dan H0 diterima. Hasil perhitungan thitung = 3,118, sedangkan ttabel = 2,012, menunjukkan bahwa 3,118 > 2,012 (thitung > ttabel) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa tema indahnya kebersamaan di SDN Sumbersari 1 Bondowoso diterima, dengan persentase dari 67% menjadi 81% yang ditunjukkan dari jumlah rata-rata pada kelas eksperimen, yang berarti media ini sangat baik untuk membantu siswa dalam belajar. Saran dari penelitian ini yaitu diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai referensi dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual sesuai dengan materi yang dibutuhkan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113198
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository