Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan di SDN Sumbersari 1 Bondowoso.
Abstract
Permasalahan yang diketahui di sekolah ini yaitu, proses mengajar dan belajar seringkali guru dalam mentransfer ilmunya menggunakan metode ceramah, sehingga terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan materi. Memiliki kreativitas untuk memudahkan dalam penyampaian materi kepada siswa, salah satunya melalui media pembelajaran seperti media audio-visual.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema indahnya kebersamaan di SDN Sumbersari 1 Bondowoso?. Tujuan penelitian adalah: Untuk Mengetahui Ada Atau Tidaknya Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan Di SDN Sumbersari 1 Bondowoso.
Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Tempat penelitian yakni di SDN Sumbersari 1 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitiannya menggunakan Intract-Group Comparisson. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas IV yang berjumlah 48 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 24 siswa dari masing-masing kelas.
Berdarkan hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan, dapat ketahui harga thitung = 3,118, selanjutnya harga thitung dikonsultasikan dengan harga t-tabel dengan taraf signifikan 0,01. Harga t-tabel yang didapatkan yaitu 2,012. Ketentuan hasil thitung adalah apabila analisis hasil thitung > ttabel para taraf signifikan 0,01, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan apabila analisis hasil thitung < ttabel para taraf signifikan 0,01, maka Ha ditolak dan H0 diterima. Hasil perhitungan thitung = 3,118, sedangkan ttabel = 2,012, menunjukkan bahwa 3,118 > 2,012 (thitung > ttabel) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa tema indahnya kebersamaan di SDN Sumbersari 1 Bondowoso diterima, dengan persentase dari 67% menjadi 81% yang ditunjukkan dari jumlah rata-rata pada kelas eksperimen, yang berarti media ini sangat baik untuk membantu siswa dalam belajar.
Saran dari penelitian ini yaitu diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai referensi dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual sesuai dengan materi yang dibutuhkan.