• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Tema 8 SDN 2 Genteng Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Repository_Fitriani_4119.pdf (4.336Mb)
    Date
    2022-07-29
    Author
    FITRIANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan kurikulum 2013 adalah kreativitas guru dalam memilih metode dan media pembelajaran. Kreativitas guru dalam memilih metode dan media yang bervariasi akan menciptakan aktivitas pembelajaran yang bermakna sehingga akan tercapai tujuan seperti yang diharapkan. Salah satu model pembelajaran inovatif yang diutamakan dalam implementasi kurikulum 2013 adalah Problem Based Learning (PBL). PBL diimplementasikan pada pembelajaran agar membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir pemecahan masalah dan keterampilan intelektual. PBL diterapkan dalam bentuk pembelajaran yang menggunakan masalah nyata sebagai bahan utama dalam pembelajaran, yaitu masalah yang terdaat dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki manfaat apabila diselesaikan. Pembelajaran ini terdiri atas lima tahapan, yaitu orientasi peserta didik kepada masalah, mengorganisasikan peserta didik belajar, membimbing penyelidikan individual dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Namun, perlu adanya media tambahan dalam menyampaikan materi agar dapat menarik perhatian peserta didik yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan oleh guru dalam menciptakan media pembelajaran yang bervariasi dan inovatif. Perkembangan teknologi menjadikan semakin beragamnya sumber dan media belajar seperti video, film, web atau internet. Melalui media audio-visual diharapkan dapat menciptakan aktivitas belajar mengajar secara maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu “Adakah pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita SDN 2 Genteng Banyuwangi?”. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas V di SDN 2 Genteng Banyuwangi semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas V yang terdiri 2 kelas yaitu kelas VA dan Kelas VB. Jenis penelitian ini yaitu penelitian quasi eksperimental dengan pola non-equivalent control grup design. Peneliti melakukan uji homogenitas untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan uji-t pada hasil belajar peserta didik pada ranah kogitif 2,569. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel, diketahui df = 44 pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai ttabel = 2,015. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,569 > 2,015, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hasil perhitungan keefektifan relatif sebesar 43,35% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengruh positif dari penerapan PBL berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar peserta didik. Saran bagi kepala sekolah hendaknya, penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran di sekolah serta dijadikan bahan evaluasi dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran. Bagi guru hendaknya, penerapan PBL berbantuan media audio- visual dapat menjadi alternatif model pembelajaran inovatif sehingga pembelajarannya lebih bermakna. Bagi peneliti lain hendaknya, penelitian ini dapat memberikan wawasan pengetahuan dalam menggunakan PBL berbantuan media audio-visual di SD serta menjadi pengalaman selama melaksanakan penelitian. Banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, sehingga diharapkan peneliti selanjutnya bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113173
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository