Show simple item record

dc.contributor.authorRatna Amalia
dc.date.accessioned2013-12-20T07:11:18Z
dc.date.available2013-12-20T07:11:18Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210192063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11307
dc.description.abstractBelajar fisika berarti berlatih untuk memahami konsep fisika, memecahkan serta menemukan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Siswa akan lebih mudah menerapkan masalah fisika dalam kehidupan sehari-hari dengan memahami konsep fisika. Dalam proses pembelajaran siswa sering menganggap bahwa pelajaran fisika sulit dan menakutkan sehingga siswa kurang berminat mengikuti pelajaran fisika. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar fisika di sekolah salah satu penyebabnya yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang cocok dengan pembelajaran, penggunaan media yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga siswa menjadi tidak tertarik untuk belajar fisika. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan fisika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Adapun model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think, Talk, Write) Menggunakan Multimedia Video Pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model kooperatif tipe TTW (ThinkTalk-Write) dengan multimedia video pembelajaran dengan pembelajaran konvensional; (2) Mengkaji aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TTW (Think-Talk-Write) dengan multimedia video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan randomized post-test only control group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test program SPSS 16 untuk untuk menguji taraf signifikansi perubahan hasil belajar, dan menggunakan persentase aktivitas untuk mengukur aktivitas belajar. Perbedaan hasil belajar menggunakan model kooperatif tipe TTW (ThinkTalk-Write) dengan multimedia video pembelajaran dengan pembelajaran konvensional dapat diketahui dari nilai rata-rata hasil belajar yang terdiri dari kognitif produk, kognitif proses, dan afektif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 83,82 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 74,24 berarti nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Selain itu, perbedaan hasil belajar dapat diketahui dengan analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test program SPSS 16 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yakni 0,001, maka H 0 ditolak dan H diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan hasil belajar menggunakan model kooperatif tipe TTW (Think-Talk-Write) dengan multimedia video pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Hasil analisis persentase aktivitas rata-rata belajar siswa kelas eksperimen pada pertemuan pertama dan keduaadalah 69,49%, dengan kriteria persentase aktivitas tergolong aktif. a Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model kooperatif tipe TTW dengan multimedia video pembelajaran dengan model konvensional pada pembelajaran fisika di SMA; (2) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TTW menggunakan multimedia video pembelajaran baik dimana aktivitas siswa termasuk dalam kategori aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192063;
dc.subjectModel Kooperatif Tipe TTW (Think, Talk, Write), Multimedia Video, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TTW (THINK, TALK, WRITE) MENGGUNAKAN MULTIMEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record