Peranan Customer Service dalam Pelayanan Tabungan Batara PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Jember
Abstract
Customer atau nasabah dalam dunia perbankan merupakan elemen yang sangat  penting, untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta merespon perilaku konsumen  yang selalu berubah, perusahaan melakukan upaya untuk selalu memperbaiki kinerja  khususnya yang memiliki hubungan langsung dengan customer, dalam hal ini peran  dari customer service harus selalu diperhatikan kinerja serta cara memberikan pelayan  terbaik kepada nasabah. Sumber Daya Manusia merupakan suatu aset yang memiliki peranan penting  dalam suatu perusahaan agar perusahaan mampu bersaing dan dapat mempertahankan  kualitas dan memperoleh hasil keuntungan yang maksimal. Karyawan merupakan  sumber daya yang potensial karena mampu menyediakan bakat, tenaga, kreatifitas dan  memberikan usaha yang terbaik di tempat kerja.  Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas.  Dalam kehidupan bernegara, maka pemerintah memiliki fungsi untuk memberikan  berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari pelayanan  dalam bentuk pengaturan ataupun pelayanan-pelayanan lain dalam rangka memenuhi  kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan, utlilitas, dan lainnya.  Berbagai gerakan reformasi publik (public-reform) yang dialami negara-negara maju  pada awal tahun 1990-an banyak diilhami oleh tekanan masyarakat akan perlunya  peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Tabungan sangat membantu masyarakat dalam penyimpanan uang dan  peminjaman dana pada perusahaan perbankan tersebut. Selain itu, perusahaan  perbankan juga menyediakan fasilitas-fasilitas lain bagi nasabah atau masyarakat untuk  mempermudah nasabah dalam menggunakan fungsi perusahaan perbankan tersebut.  Tabungan memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan fasilitas-fasilitas  lain yang ditawarkan oleh bank.